Kebudayaan serta Peradaban Hellenik

By | December 31, 2013

Kebudayaan serta Peradaban Hellenik – Dibawah ini akan dibahas mengenai kebudayaan Hellenik. SIlahkan simak penjelasan berikut ini :

a. Bidang Arsitektur

Pada saat pemerintahan Pericles (461— 429 SM), Athena alami masa kejayaannya di bagian arsitektur. Dia bangun banyak bangunan serta kuil-kuil untuk menghormati dewa Athena. Satu diantaranya pembangunan Parthenon yang disebut bangunan terindah dikerjakan th. 447 SM, lalu diikuti Propylaea yang disebut kuil dewa Athena bernama Nike, dan Erechtheion.

Parthenon yang di bangun diatas bukit kota Athena atau Acropolis adalah bangunan paling sempurna serta melukiskan keharmonisan serta keseimbangan hidup manusia didunia. Bangunan itu ditujukan untuk persembahan untuk dewa serta dewi orang Athena. Tetapi, segi keharmonisan hidup manusia tergambar dalam segi arsitekturnya. Dewa serta dewi Yunani digambarkan untuk manusia. Patung-patung dalam Parthenon susah dibedakan pria serta wanita dengan dewa serta dewi.

b. Bidang Seni Patung

Di bagian seni patung bangsa Athena mempunyai kelebihan. Patung yang mereka bikin senantiasa melukiskan situasi ideal manusia untuk satu gabungan yang sempurna diantara jiwa serta raga. Patung-patung yang di buat terlihat seperti hidup. Salah seseorang pematung terpenting yaitu Myron, pembuat patung pelempar cakram yang termasyhur hingga saat ini.

c. Seni Drama

Segi lain dari kehidupan budaya Athena berakar pada kehiclupan keseharian di polis. Seni drama umpamanya berkenaan dengan festival keagamaan didalam polis. Dramawan Yunani yaitu orang pertama di Barat yang mempermasalahkan pertanyaan mendasar tentang hak-hak individu, keperluan penduduk serta hakikat baik serta jelek. Dramawan populer seperti Aeschylus (525-456 SM) yaitu orang pertama yang mengekspresikan penderitaan individu dalam suatu konflik. Sophocles (496-406SM) kerap melukiskan beberapa masalah penduduk dalam kehidupan politik.

Satu diantara karyanya yang populer serta jadi klasik yaitu Oedipus the King bercerita tentang tragedi seseorang anak lelaki yang dikutuk oleh dewa untuk membunuh ayahnya serta menikah dengan ibunya. Dramawan paling akhir dari tiga dramawan besar yaitu Euripides (480-406 SM) kerap bikin tema-tema konflik individu didalam polis.

d. Bidang Geografi

Ilmuwan yang paling menonjol dari peradaban ini yaitu Eratosthenes, seseorang pakar geografi yang dapat memperkirakan garis tengah bumi nyaris pas dan memperkirakan jarak bumi matahari dengan kesalahan cuma satu %. Peta yang dibuatnya sudah memakai garis lintang serta bujur. Dia memiliki pendapat bahwasanya bumi bulat serta India bisa dicapai dengan berlayar ke arah barat.

d. Bidang Astronomi

Di bagian astronomi ilmuwan yang paling menonjol yaitu Aristarchus yang memiliki pendapat bahwasanya bumi berputar melingkari matahari.

Peradaban Hellenik yang berjalan lebih kurang 300 th. diteruskan oleh Romawi. Kota-kota Italia Utara serta Yunani Selatan banyak yang mengambil budaya ini. Kebudayaan kombinasi pada Timur serta Barat ini diwariskan ke dalam kebudayaan barat sesudah Romawi berkuasa di Laut Tengah.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih