Kehidupan Keseharian di Yunani Kuno

By | December 31, 2013

Kehidupan Keseharian di Yunani Kuno – Dibawah ini adalah penjelasan tentang kehidupan keseharian yang dilakukan di jaman Yunani kuno. Berikut adalah penjelasannya :

a. Kehidupan Rumah Tangga

Kemakmuran negara kota Athena yang di ciptakan Pericles tak membuat masyarakat melakukan hidup mewah. Umpamanya peralatan yang dipakai dirumah berbentuk sederhana. Biasanya peralatan yang paling dianjurkan yaitu gerabah, peralatan dari logam untuk masak dan sebagian perhiasan. Peralatan itu mesti dibeli dari beberapa pengrajin. Rumah mereka, baik yang besar ataupun kecil, terbagi dalam berapa area yang menghadap halaman serta tak banyak dilengkapi dengan furniture yang berbagai macam.

Memasak makanan adalah satu diantara aktivitas utama dirumah. Mereka bikin kue serta memanggang daging di oven. Makanan mereka terdiri atas biji-bijian khususnya gandum. Mereka juga makan sayuran dan anggur, daging babi, minyak zaitun serta ikan. Bawang putih yaitu bumbu yang paling popular. Mereka makan daging dalam jumlah sedikit. Terkadang mereka makan daging hewan yang sudah dikorbankan untuk dewa. Masyarakat yang makan banyak daging yaitu bangsa Sparta.

b. Peranan Golongan Wanita

Peran ibu dirumah yaitu memasak serta mendidik anak. Tak di ketahui dengan pasti tentang keadaan sosial ekonomi wanita, kecuali bahwasanya status mereka di depan hukum yaitu sama. Mereka mempunyai hak kewarganegaraan serta dilindungi oleh hukum. Wanita yang mempunyai kedudukan terhormat juga semakin banyak menggunakan waktunya dirumah. Mereka tidak sering keluar rumah.

Sebaliknya wanita yang bekerja diluar rumah yaitu yang bekerja di bagian prostitusi (pelacuran). Mereka adalah kelompok paling bebas diantara golongannya. Dalam melayani pelanggannya, kekuatan profesional seperti melayani tamu serta melindungi kecantikan serta pelihara badan adalah hal penting. Begitupun dari segi intelektualnya.

Ciri spesial dari kehidupan Athena yaitu diterimanya kehidupan homo terlebih di kelompok aristokrat. Hal semacam ini bisa saja lantaran tingginya tingkat perceraian diantara pasangan yang berlawanan jenis. Wanita mempunyai hak untuk menyebutkan cerai dari suaminya sesudah suami berbuat curang dengan pergi ke area prostitusi.

c. Mata Pencaharian

Masyarakat pria di kota banyak yang bekerja untuk pengrajin keramik, perunggu, serta bikin layar. Banyak juga masyarakat yang bekerja di bangunan-bangunan umum yang di bangun polis. Mereka yg tidak mempunyai ketrampilan bekerja untuk buruh bayaran atau untuk budak.

Kehidupan agraris tak berkembang dengan baik. Hal semacam ini dikarenakan sempitnya tempat yang dapat dikerjakan dan keadaan lahan yg tidak subur. Beberapa hasil panen cuma untuk penuhi konsumsi keseharian. Biasanya petani menanam anggur serta pohon zaitun.

d. Perbudakan

Perbudakan di Yunani adalah hal yang umum. Budak memperoleh perlindungan hukum serta bisa membeli kebebasan dari majikannya. Banyak budak yang kerjakan pekerjaan-pekerjaan mudah di sekitar rumah seperti mengasuh anak serta mengajarkan membaca serta menulis pada anak majikan, dan jadi penjaga rumah. Budak-budak yang mempunyai ketrampilan dipekerjakan di proyek-proyek pemerintah untuk bikin bangunan-bangunan. Dalam kehidupan keseharian keadaan hidup budak tak jauh tidak sama dengan majikannya.

e. Kesukaan Berburu

Untuk hiburan keseharian tak hanya nonton drama yaitu berburu. Binatang buruan yang paling disukai yaitu kelinci serta rusa untuk dikonsumsi. Orang kaya berburu dengan naik kuda, sedang orang umum jalan kaki. Perburuan binatang dapat juga nenunjukkan kejantanan seorang dalam menguber binatang.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih