Kiat Sukses Kepemimpinan Perusahaan Meniru Gaya Google.com

By | November 25, 2012

Kiat sukses kepemimpinan perusahaan meniru gaya google.comcorelita.com – Menjadi pemimpin bukanlah perkara yang mudah. Berbagai macam kendala pasti akan dialaminya, mulai dari yang kecil sampai dengan yang besar. Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh seorang pemimpin adalah sulitnya mengatur karyawannya. Beberapa contoh kasus dari sulitnya karyawan diatur adalah adanya kegiatan semua sendiri dari karyawan, tidak ada ketegasan dari pihak pemilik perusahaan, adanya karyawan yang “cukup sakti” yang walaupun sudah berkali-kali melakukan kesalahan tetap saja mendapatkan keringanan dari pemilik perusahaan.

Untuk mengatasi karyawan yang sulit diatur sebenarnya cukup mudah. Hal tersebut tergantung dari ketegasan pemilik perusahaan (bukan pemimpin). Karena posisi pemimpin sebenarnya hanyalah mengatur manajemen dari perusahaan saja, sedangkan keputusan sepenuhnya ada ditangan pemilik perusahaan.

Oke, dengan melihat dan bercermin dari keberhasilan google dan mencapai raja di dunia internet sekaligus salah satu perusahaan tersukses, maka saya bisa simpulkan beberapa tips untuk bisa mendapatkan kesuksesan dalam memimpin sebuah perusahaan.

  1. Agar system bisa berjalan dengan baik, maka modal adalah nomor 1. Google berani menginvestasikan modal dengan jumlah hingga trilyunan. Ibarat pepatah “ jangan harap memancing bisa dapat ikan paus jika umpan yang dipakai hanya cacing kremi “
  2. Pelanggan adalah nomor 1. Perhatikan bagaimana google memanjakan semua advertise nya yang tergabung dalam google adword. Dengan berbagai macam layanan lebih, google selalu memanjakan dan menomor satukan para pemasang iklan atau lebih dikenal dengan istilah advertiser.
  3. Arogansi ke pegawai/karyawan harus diterapkan. Hal tersebut tercermin bagaimana google memperlakukan para publisher/penerbit iklan google adsense. Dengan tanpa alasan yang jelas, sudah tidak terhitung lagi para publisher google adsense yang kena banned, yang pastinya secara aturan sudah tidak bisa lagi menjadi penerbit iklan dari google adsense.
  4. Jika ada karyawan yang melakukan tindakan kesalahan, tidak ada ampunan, langsung berhentikan saja, dengan cara seperti itu, maka selain kewibawaan dari perusahaan akan tetap terjaga, berbagai macam jenis masalah juga akan cepat terselesaikan.
  5. Jangan sampai ada istilah “karyawan kebal hukum” karena kedekatan dengan pemilik perusahaan, karena hal tersebut hanya akan membuat wibawa perusahaan semakin turun.
  6. Perhatikan dengan benar kesejahteraan dari seluruh karyawan yang sudah bekerja dengan benar. Bahkan jika diperlukan, berikan reward/tambahan penghasilan bagi karyawan yang sudah bekerja lama atau yang sering menghabiskan waktunya di tempat kerja dalam rangka menyelesaikan pekerjaannya.

Demikian beberapa kiat yang bisa corelita.com sharing, semoga bisa menambah wawasan bagi pengunjung semua. Terima kasih