Komponen-kompone Pasif pada hardware Handphone

By | September 16, 2012

Komponen-kompone Pasif pada hardware Handphonecorelita.com – Konstruksi perangkat keras (hardware) ponsel terdiri dan komponen etektronika yang dapat digolongkan menjadi dua, yaitu komponen pasif dan aktif. Pada artikel kali ini corelita.com akan menjabarkan komponen pasif terlebih dahulu. Kemudian diposting berikutnya akan mencoba membahas komponen aktif.

Komponen Pasif

Komponen pasif adalah suatu komponen yang bekerja ketika diberikan energi listrik dan mampu mengeluarkan energi tersebut, tetapi datam batasan periodenya. Komponen hardware ponsel yang termasuk komponen pasif sebagi berikut.

  1. Resistor
    Komponen ini berfungsi mengatur daya pada rangkaian dan bersifat melawan arus Listrik. Dengan kata Lain, resistor mengatur arus dan tegangan pada suatu rangkaian. Menurut fungsinya, resistor pada ponsel terbagi menjadi dua, yaitu pengatur daya dan sekering (fuse).
    Sebenarnya, komponen resistor jarang mengalami kerusakan, tetapi sering tertepas dan patnan PCB ponset. Jadi, apabiLa terdapat kejanggaLan arus dan tegangan yang melewati resistor, periksa dudukan patrian pada PCB, apakah terpasang dengan baik atau terlepas.
  2. Kapasitor
    Kapasitor berfungsi untuk menyaring, menyimpan (sementara), kemudian mengeluarkan arus DC apabila diperlukan. Kapasitor bersifat dapat dimuati arus listrik, kemudian dapat melepaskan kembali muatannya sesuai dengan periodanya. Menurut jenisnya, kapasitor dibedakan menjadi 2, yaitu kutub atau polar (mempunyai sisi kaki positif dan negatif).
    Sebenarnya, kapasitor jarang rusak, tetapi sering tertepas dan patrian PCB ponsel. Apabila terdapat muatan Listrik yang melebihi muatan operasional kapasitor, kapasitor akan rusak atau soak (kembung pada body-nya). Kejadian tersebut sering muncul pada kapasitor jenis polar ketika salah memasangkan kutub kutubnya pada pads PCB.
  3. Induktor (lilitan)
    Induktor memitiki fungsi yang hampir serupa dengan kapasitor. Bedanya, induktor memiliki sifat yang bertawanan dan kapasitor, yaitu tidak terbuka terhadap rangkaian DC. Satuan kerja induktor dinyatakan datam H (henry). Satuan tersebut menyatakan arus yang metintasi komponen sefase dengan tegangan yang mengalirkan metewati beban.
  4. Transformator
    Transformator pada ponsel berfungsi sebagai penyesuai daya pada bagian frekuensi radio. Sesuai dengan fungsinya, komponen ini dapat mengatur tegangan yang dipertukan oleh rangkaian radio RF dan TF.