Langkah atau panduan mengatasi mobil mogok

By | January 16, 2014

Langkah atau panduan mengatasi mobil mogok – Untuk yg mempunyai mobil, pasti sempat alami mobil mati, atau mobil tdk mau hidup, atau mobil tdk mau di starter, atau tiba-tiba mobil mogok. Keadaan tersebut kadang-kadang bikin orang jengkel, juga jemu dngn mobil yg dipunyai. Mobil yg di inginkan bisa memudahkan sistem transportasi namun jadi menaikkan beban hidup anda. Nyaris setiap minggu singgah ke bengkel juga nyaris setiap hari nongkrong di bengkel, Kadang-kadang ada yg ajukan pertanyaan, tuh mobil punya siapa? punya bengkel atau punya kita.

Pada prinsipnya sistem mesin mobil cuma di atur oleh dua keadaan saja, yakni keadaan pengapian & keadaan suplay bahan bakar. Bila ke-2 keadaan tersebut jalan dngn lancar, maka ditanggung mobil anda segera jreng. Untuk lebih jelasnya simak uraian dibawah ini sebab & langkah menangani mobil mati :

A. Teliti keadaan Suplay bahan bakar.

Teliti Bahan bakar, masih ada atau telah habis. bila habis tangani dngn isi bahan bakar selekasnya.

Teliti Membran. Membran berperan untuk pompa bahan bakar, supaya bahan bakar dapat sampai kekarburator. langkah mengeceknya, lepas selang di karburator yg tersambung ke membran, lalu cobalah di starter, bila bensin keluar deras maka membran normal, bila tdk maka membran mesti di ganti, atau..

Teliti Filter bahan bakar. Bila filter bahan bakar kotor maka mesti diganti, kadang-kadang membran tdk dapat memompa bahan bakar dngn deras dapat di sebabkan filter yg kotor atau terhalang. Jadi sebelum saat ganti membran sebaiknya anda teliti dahulu keadaan filter bahan bakarnya.

Teliti karburator, Karburator berperan untuk mensuplay bahan bakar ke area pembakaran, bila suplay bahan bakar tdk lancar maka tdk ada pembakaran, itu bermakna mobil tdk dapat di hidupkan. Umpamanya persoalan yg kerap di sebabkan karburator yaitu suplay bahan bakar terlampau banyak, hingga bahan bakar membasahi busi. Bila busi basah lantaran bahan bakar maka busi tdk dapat membuahkan api. untuk mengatasinya, anda buka semua busi & keringkan. lalu buka karburator, atur kemiringan pelampung supaya tdk terlampau miring.

Bila empat bagian suplay bahan bakar diatas telah di check & tdk ada persoalan maka anda teliti pada keadaan pengapian dibawah ini :

B. Teliti keadaan pengapian.

Teliti Aki atau Accu, tetap ada strum atau telah habis, bila strum aki telah habis, dapat anda tangani dngn mendorong mobil, atau anda cobalah dngn segera menghubungkan kabel positif ke dinamo starter.

Teliti Alternator. Alternator yaitu dinamo yg membuahkan listrik untuk isi atau mencharger aki mobil. Bila alternator mati maka mobil cuma hidup melewati api yg di hasilkan dari aliran listrik aki. Bila strum aki habis maka mobil pun bakal mati. adapun langkah mengecek alternator mati atau rusak dngn langkah hidupkan mobil lalu bebaskan semua kabel positif di aki, bila mobil tetap hidup bermakna alternator tetap menghasilkan listrik, namun bila mobil mati maka alternator telah tdk membuahkan listrik lagi. Untuk menangani alternator mati, anda dapat ganti komponen di dalamnya atau ubah dngn alternator yg baru.

Teliti platina atau CDI, Platina & CDI fungsinya untuk mengatur saat pembakaran, bila tdk ada api yg keluar dari platina maka mobil tdk bakal hidup. karenanya anda ubah dngn platina baru atau CDI baru. atau…

Teliti Koil, bila koil tdk keluarkan api maka platina pun tdk bakal memercikan api. langkah mencek api koil, lepaskan kabel di kepala delco yg terhubung dngn koil, tujukan ujung kabel yg di bebaskan tadi ke body mobil atau ke body mesin, lalu cobalah di starter. Bila tdk ada api yg keluar maka teliti kabel, apakah kotor atau tdk. atau anda ubah dngn kabel baru. bila tetap tdk keluar api dari koil, ada kemungkinan koilnya sudah mesti di ubah.

Teliti busi, Bila semua komponen diatas baik-baik saja maka anda teliti keadaan busi, apakah masih hidup atau tdk. langkahnya lepas busi dari mesin lalu gunakan kabel busi, lalu cobalah di starter, bila busi mengeuarkan api maka busi tetap hidup, bila tdk maka busi mesti di ubah.

Bila lima komponen untuk mengecek keadaan pengapian diatas telah anda kerjakan & nyatanya tetap bekerja dngn normal. maka ada kemungkinan ada yg salah pada penyusunan timing belt atau kamrat yg ada pada mesin mobil. keadaan tersebut bila anda pada mulanya telah sempat buka mesin atau turunkan mesin sendiri.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih