Langkah bersihkan tangki bahan bakar mobil dari karat

By | February 17, 2014

Langkah bersihkan tangki bahan bakar mobil dari karat – Memiliki kendaraan yg resik luar dlm, pasti idaman semua orang. Namun terkadang ada banyak hal kecil yg lolos dari pantauan. Contoh pipa tangki bahan bakar. Di seputar dinding pipa, tampak warna cokelat atau kerak putih tandanya ada korosi. Karat tersebut lantaran air yg mengendap di bahan logam seputar pipa tangki.

Jika tdk dijaga kebersihannya, lama-lama karatnya semakin tebal. “Air masuk dari sela-sela rumah tutup tangki, lantaran di sekitar penutup tersebut kan tdk ada sil-nya. Air merembes bisa lantaran cuaca atau waktu bersihkan mobil, ” tutur Syam Mulyono, Technical Leader Tunas Toyota Kebayoran Lama, Jakbar.

Sementara kerak putih lantaran bekas ceceran bahan bakar waktu isi BBM. “Tangan kita saja dapat ada bercak putih-putih bila cuci tangan gunakan bensin. Terlebih logam, lama-lama kerak putihnya semakin riil, ” timpal Wagiyono, wakil kepala bengkel Honda Kebun Jeruk, Jakbar.

Apabila kerap terkena ceceran bensin atau air, noda di area pipa tangki bahan bakar dapat menyebabkan kesan jorok. Yang memiliki mobil sebaiknya lebih perhatian. Tiap-tiap usai isi BBM, mulut pipa tangki dan sekitarnya selekasnya dilap.

Bila sudah telanjur kotor, selekasnya dibikin bersih deh. Bisa dikerjakan sendiri, tdk butuh ke bengkel. Toh, Wagiyono menyampaikan, bengkel tdk sempat bersihkan sisi tersebut dan customer juga tidak sering minta dibersihkan. Begitu juga tutup tangkinya, umumnya saat ini bahannya dari plastik.

Dibawah ini Langkah Bersihkan Tangki bahan bakar Mobil. Perlengkapan yg diperlukan lap kering, ampelas halus, sikat gigi atau kuas. Prosesnya, buka tutupnya, mulut pipa yg berkarat atau ada bercak putih digosok gunakan ampelas. “Jangan lupa, tutup lubang pipa memakai lap supaya serpihan halus dari sistem mengampelas tdk masuk, ” tutur Wagiyono.

Untuk kotoran pada leher pipa atau sekitarnya, bisa dibikin bersih dngn lap kering. “Ini bila karat atau noda putihnya ringan, ” kata Syam.

Kalau karat atau kerak putih sudah menebal, dapat pakai cairan penetran. Pakai sikat gigi atau kuas yg pada mulanya di beri cairan antikarat. Saat ini noda membadel itu jadi sirna.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih