Langkah Buat Dialog Drama

By | August 10, 2013

Langkah Buat Dialog Drama – Seperti yang telah banyak dituliskan didalam artikel serta beragam literature, bahwa yang disebut dengan drama yaitu, mengacu sesuatu kata yang datang dari bhs yunani, dram yang berarti gerak-gerik. Kemudian pertunjukan drama yaitu pertunjukan gerak gerik tubuh yang juga menonjolkan pembicaraan ( dialog ) serta mimik muka beberapa pemain ( akting ) di panggung. Dari pengertian dilihat dari segi umum perihal drama, bisa difahami bahwa dialog amat punya pengaruh didalam pertunjukan drama. Tanpa dialog, drama dapat berasa seperti sayur tanpa garam.

Lantas bagaimana baiknya langkah penulisan dialog drama yang baik, dibawah ini sebagian tips-nya :

Jelas

Yang disebut dialog drama mesti jelas yaitu langkah penulisan yang gampang dipahami oleh beberapa orang ( kelompok umur yang datang melihat pertunjukan ). pastikan kalimat lalu rangkai jadi kata-kata yang mudah difahami. Kalimat yang dipakai yaitu kata yang familiar dengan audience, Bila mereka yang ada kelompok umur anak-anak sekolah, bedakan kalimat yang digunakan dengan audience beberapa eksekutif muda contohnya. Kata bhs asingpun butuh di perhatikan, apakah telah benar pemilihannya, kata yang biasa dipakai di kehidupan sehari-hari atau kata yang justru belum dulu terdengar atau cuma kelompok umur spesifik yang tahu.

Belum lagi, penempatan tanda baca juga merubah sesuatu dialog. Letak titik, koma, tanda tanya hingga penggunaan tanda seru, mempengaruhi isi atau maksud dialog tersebut. intinya, waktu kita menulis dialog drama, cermati benar kaidah bhs yang baik serta janganlah juga meninggalkan ejaan yang benar, lalu saat memakai bhs sehari-hari.

Pas dengan tema

Tiap-tiap pertunjukan drama, pasti mengangkat satu tema untuk diperankan. Sebagai penulis dialog, anda mesti mengerti benar apa tema yang pingin disampaikan serta dikembangkan. Sebaiknya anda melacak referensi perihal tema cerita yang dapat dipentaskan. Mustahil apabila anda menulis kalimat lucu didalam sesuatu drama histori bukan ? atau kalimat roman didalam sesuatu drama popular.

Cocokkan benar tema dengan isi dialog yang anda catat, dikarenakan dialog didalam drama sesungguhnya adalah senjata utama supaya satu tema tersampaikan dengan baik. Dialog merupakan nyawa dari sesuatu drama. Tak hanya mimik, gerak tubuh serta latar nada, pastinya.

Mengakomodasi sifat dan karakter

Dialog didalam drama sebaiknya bisa mengakomodasi sifat masing-masing tokoh yang memainkan satu peran didalam cerita drama, itu tidak bisa dipungkiri. Beberapa actor/aktris drama, amat bergantung pada dialog supaya peran yang dimainkannya bisa dicerna dengan baik untuk mereka yang melihat pertunjukan.

Sesuatu peran antagonis contohnya, banyak memakai kata dengan suara seru yang menghardik, atau kalimat lembut tetapi menusuk, kata bernada mengejek serta banyak ciri khas lain yang bisa ditampilkan didalam peran ini melalui sesuatu dialog. Sudah pasti amat tidak sama dengan sesuatu peran protagonist wajib banyak mengemukakan kalimat bernada lembut, santun atau bijak.

Mimik serta gerak tubuh didalam drama juga, amat punya pengaruh pada dialog yang dituliskan. Karenanya saat menuliskan sesuatu dialog drama, sebaiknya kita pelajari dengan baik apa temanya, bagaimana peran tokoh-tokohnya, hingga siapapun audience dari drama yang dapat dipertunjukkan.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih