Langkah Memilih Bensin Yang Sesuai Untuk Mobil

By | January 1, 2014

Langkah Memilih Bensin Yang Sesuai Untuk Mobil – Walau produsen kendaraan bermotor sudah menginformasikan bahan bakar yang sama sesuai dengan kendaraannya tetapi tetap saja beberapa orang yang belum memahami bagaimana menentukan beragam type bahan bakar yang banyak beredar di pasaran. Ada langkah yang pas serta efisien untuk menentukan bahan bakar yang pas untuk mobil Anda yakni berdasar pada rasio kompresi :

  1. Rasio kompresi adalah nilai perbandingan volume area kompresi di blok mesin dengan area bakar di kepala silinder. Nilai rasio kompresi terkait dengan besarnya ledakan waktu sistem pembakaran berjalan. Makin besar maka semakin luas area yang perlu dikompresi.
  2. Karenanya semakin besar nilai perbandingan rasio kompresinya maka memerlukan bahan bakar dengan daya bakar yang lebih baik. Dengan kata lain semakin besar nilai rasio kompresinya maka semakin tinggi nilai oktan yang digunakan. Untuk perumpamaan :
    Rasio kompresi 8, 8 s/d 9, 2 dapat memakai bensin dengan oktan 88.
    Rasio kompresi 9, 2 s/d 10, 0 dapat memakai bensin dengan oktan 92 serta 95.
  3. Terkecuali untuk mesin turbo, meskipun rasio kompresinya rendah mesti terus menggunakan bensin dengan oktan yang tinggi. Lantaran saat turbo aktif maka kompresi bakal berlibat ganda.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih