Langkah Mengatasi Flash Disk Yang Tidak Terdeteksi

By | September 11, 2013

Langkah Mengatasi Flash Disk Yang Tidak Terdeteksi – Apakah anda dulu pernah mengalami problem layaknya judul tulisan ini ? Bila iya simak dng seksama tulisan panduan dibawah ini. Flash disk yang tidak terdeteksi memang cukup merepotkan, apalagi jika data yang ada didalamnya sudah cukup banyak dan sifatnya penting, pastinya bakal membuat pusing tujuh keliling bagi yang mempunyainya.

Apa pemicu flashdisk tak terdeteksi ?

Sebetulnya ada sangat banyak factor pemicu mengapa flashdisk tak terdeteksi oleh PC sahabat dan mungkin barangkali dibawah ini adalah beberapa pemicunya:

  1. Dikarenakan flashdisk-nya memanglah telah rusak secara fisik, artinya flashdisknya itu sendiri yg telah rusak, barangkali sesudah kerendam air atau dulu pernah terbanting amat keras.
  2. Dikarenakan port USB pada PC sahabat yg rusak, namun hal ini dapat diatasi dng coba port yg lain.
  3. Dikarenakan driver USB port bermasalah

Barangkali 3 factor ataslah yg sangat umum, tetapi tetap sangat banyak pemicunya, barangkali bila pada perumpamaan masah nomer 1 di atas langkah mengatasinya hanya satu barangkali yaitu ganti atau beli flashdisk baru. Tetapi saat ini saya dapat berbagi panduan bagaimana langkah menangani flashdisk tak terdeteksi PC

Cobalah colokkan usb flash disk pada port usb yg lain atau pindah-pindah, bila belum sukses cobalah colokan ke pc lain, jika sukses, maka usb flash disk kita tak punya masalah, serta keraguan 100% pada PC yang kita miliki.

Atau dikerjakan sebaliknya, cobalah colokan usb lain di PC kita ( bila ada ) dan/atau perangkat lain yg memakai USB port. Dng anggapan, bila alat yg kita hubungkan terdeteksi, maka port USB tak punya masalah.

Teliti di settingan BIOS mungkin disable baik yang disengaja atau tidak, hal ini mungkin berlangsung karena perubahan setting dng tanpa kita sadari pada saat baterai motherboard kita telah soak / lemah.

Teliti di device manager, langkahnya :

  1. Silahkan klik start settings control panels.
  2. Klik 2 kali pada icon system
  3. Sesudah terbuka jendela syistem properties, pilih tab hardware
  4. Klik tombol device manager
  5. Lantas teliti dibagian universal serial bus controllers, tampak ada masalah. Tanda tanya di bagian ini mengisyaratkan hardware tak dikenal atau tidak ada driver. Tanda  silang berwarna merah di bagian ini mengisyaratkan disable, maka bila ini berlangsung kerjakan klik kanan serta tentukan enable
  6. Dan masuk juga didalam hal ini kemungkinan butuh install lagi driver usb flash disk

Teliti pada registry, langkahnya :

  1. Klik start run
  2. Ketikan : regedit kaku enter
  3. Masuk ke : hkey_local_machinesystemcurrentcontrolsetservicesusbstor
  4. Pada value dwords mesti bernilai 3 ( enable ), bila bukan hanya 3 maka up date dng 3 lantas close serta restart

Kemungkinan yang lain yaitu PC terjangkit virus, maka mesti dibersihkan dari virus gunakan anti virus.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih