Langkah Menguji Variabel Kondensator

By | December 9, 2013

Langkah Menguji Variabel Kondensator – Menguji variabel kondensator (varco) bukan mempunyai tujuan untuk tahu tingkat kebocoran. Hal tersebut dikarenakan kondensator tdk terbuat dari beberapa bahan seperti seperti yg digunakan dlm pembuatan elco (elektrolitik condensator), kondensator keramik & lain sebagainya.

Maksud menguji variabel kondensator tersebut hanya untuk tahu hubungan/kontak langsung pada rotor & stator. Bila keduanya berhubungan maka tdk bisa digunakan lantaran konsleting hingga menyebabkan nada gemerisik di radio. Umumnya varco yg demikian bisa di ketahui dngn langkah memutar-mutar varco guna mendapatkan sinyal (gelombang) & diiringi nada gemerisik yg lebih tajam dari nada pancaran pemancar (transmitter).

Variabel Kondensator

Nah, langkah untuk tahu tingkat konsleting di suatu varco yaitu sbg berikut :

  1. Pertama-tama memutar saklar avometer di posisi R x Ohm atau 1x & K.
  2. Lalu memutar penyetel sembari lihat jarum penunjuk. Putar hingga di angka 0 (0).
  3. Sambungkan pencolok hitam dngn salah satu kaki. Begitupun dngn pencolok warna merah.
  4. Putar-putarlah rotornya. Jika jarum tidak bergerak sekalipun bermakna varco (variabel kondensator) dlm situasi bagus. Bila jarum penunjuk bergerak-gerak, maka tandanya dlm komponen tersebut sudah berlangsung kontak langsung/konsleting. Apabila keadaan varco telah dlm situasi konsleting, baiknya ditukar dngn yg lain, janganlah digunakan lagi.

Begitulah langkah menguji variabel kondensator (varco). Kami kira langkah pengujiannya cukup simpel hingga mudah dikerjakan oleh pecinta elektronika pemula sekalipun. Pengujian seperti tersebut harus dikuasai lantaran bakal kerap Anda dapatkan masalah sama di saat yang akan datang.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih