Langkah Menyetel Karburator Mobil

By | January 2, 2014

Langkah Menyetel Karburator Mobil – Karburator umum dipergunakan untuk mesin memiliki bahan bakar bensin sampai akhir 1980-an. Kemudian mulai banyak mesin mobil yang memakai kontrol bahan bakar system elektronik, atau system injeksi bahan bakar yang kita kenal sampai saat ini. System injeksi/kontrol elektronik di kenal lebih efektif dalam pemakaian bahan bakar bensin, hingga banyak mesin mobil yang telah berpindah dari karburator.

Pada sepeda motor, karburator tetap dipergunakan, lantaran system karburator lebih mudah serta murah setidaknya saat sebelum th. 2005. Tetapi saat ini, produksi sepeda motor baru umumnya telah mengusung system bahan bakar injeksi.

Ada 3 sekerup di karburator yang memegang peran penting bikin mesin bensin jadi maksimal. Dibawah ini ini 6 langkah menyetel karburator mobil.

  1. Sekrup idle up dikendorkan namun AC dihidupkan. Penyetelan berhenti saat sekrup itu tak dapat lagi merendahkan RPM mesin.
  2. Sekerup RPM mesin di turunkan RPM hingga lebih kurang 500, atau hingga tak mati saja.
  3. Saat ini mulai dengan menyetel sekrup idle (kombinasi angin serta bensin). Putar sekrup ini ke kiri hingga hampir mati. Lalu kembali ke kanan hingga hampir mati juga. Kemudian putar perlahan mencari RPM paling tinggi. Waktu itulah kita bakal temukan kombinasi bensin serta angin paling baik.
  4. Sesudah temukan kombinasi paling baik, sekarang sesudah sekrup RPM hingga 700, 800, atau 900 sesuai sama keinginan pembuat mesin.
  5. Saat ini baru menyetel sekrup idle up AC. Hidupkan AC, pasti RPM telah menyusut, turun dari semula. Saat ini stel sekrup idle up hingga meraih RPM, umumnya 900 atau 1000.
  6. Cobalah AC dimatikan, apakah saat ini RPM idle ke RPM yang diinginkan

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih