Mengenal Bagian Elektronik Printer Inkjet

By | August 14, 2013

Mengenal Bagian Elektronik Printer Inkjet – Bagian elektronika printer hampir seluruhnya bertugas untuk memberikan perintah pada bagian mekanik printer (baik itu bagian yang bergerak maupun yang diam). Saat menjalankan tugasnya, rangkaian elektronik dibantu oleh sensor-sensor, yang dipasang/diletakkan di bagian-bagian spesifik mekanik. Bila di antara sensor pada printer rusak, dapat terganggu rangkaian sistem kerja printer di bagian yang lain.

Tugas bagian elektronik printer pada dasarnya adalah :

  1. Mengatur kapan waktunya printer menarik kertas dari bagian tray paper.
  2. Printer berhenti menarik kertas waktu kertas ada di bawah head cartridge.
  3. Mensetting kecepatan pergerakan kertas waktu cartridge mencetak di atas kertas.
  4. Mensetting kecepatan pergerakan cartridge waktu mencetak, kapan mulai mencetak serta kapan berhenti mencetak.
  5. Mensetting sistem cleaning pada head cartridge.
  6. Dan juga berikan dan menginformasikan peringatan saat area pembuangan dari sisa tinta penuh.

Untuk lebih mempermudah penjelasan saja, bagian elektronik printer dibagi jadi 3 bagian ( bila ada yang pingin menambah silakan… ) :

Mainboard printer : bertugas terima perintah yang berasal dari komputer ( dapat juga tanpa komputer ), yang diterjemahkan untuk menggerakkan bagian-bagian mekanik didalam printer.

Sensor-sensor : ada sebagian sensor pada printer, yang bertugas dan bekerja bersama berikan input pada mainboard. dari sensor-sensor inilah beberapa kerusakan-kerusakan pada printer dapat kita susuri ( terlebih di bagian mekanik ). wah… printer makin dipelajari, justru makin menarik.

Power supply : sudah pasti bertugas berikan daya tegangan pada printer supaya dapat bekerja.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih