Mengenal Fungsi Transistor Sebagai Saklar

By | December 13, 2013

Mengenal Fungsi Transistor Sebagai Saklar – Transistor dengan tipe sbg saklar yaitu satu dari banyak manfaat komponen elektronika tersebut. Dngn memperoleh kegunaan dari cut-off & keadaan jemu dari transistor itu sendiri, maka komponen tersebut dapat digunakan sbg saklar. Ke-2 situasi itu dapat diperoleh dngn langkah mengatur besarnya arus yg melalui basis dari transistor.

Keadaan/situasi jemu (saturasi) bakal didapat apabila basis transistor di beri arus yg cukup besar sampai transistor jadi jemu & fungsinya jadi saklar yg tutup. Sedang situasi cut-off dapat diperoleh jika arus basisnya dilalui dngn arus yg sangat kecil juga nyaris 0 Ampere. Hal tersebut jadikan transistor berperan sbg saklar yg buka.

Tiap-tiap type & seri transistor memiliki spesifikasi yg berbeda pada arus yg dibutuhkan sampai tercapainya situasi cut-off & jemu. Meskipun tidak sama, pada dasarnya tdk benar-benar jauh perbedaannya tersebut, terkecuali dlm hal komposisi pembuatannya dari bahan semi konduktor yg tidak sama juga, yakni Germanium atau Silikon.

Disamping manfaat transistor sbg saklar, transistor pun berperan sbg penguat. Transistor yg dipakai sbg penguat bakal bekerja pada titik Q atau pula pada situasi kerja transistornya. Di antara keadaan cut-off & keadaan jemu tersebut titik Q itu ada & bikin transisor berperan sbg penguat.

Adapun kekurangan dari transistor sbg saklar (saklar transistor) yaitu arus beban yg bisa bertahan disaklarkan itu jumlahnya kecil. Dngn demikian maka beban yg pas sebaiknya terlebih dulu diambil dngn bagus. Apabila tdk dipilah maka kemungkinan terjadinya kerusakan transistor bakal besar, disebabkan dari berlebihnya dispasi daya yg ada. Sedang kelebihannya komponen tersebut bila dipakai sbg saklar, yakni bisa digunakan jadi saklar dngn amat cepat & tdk ada bouncing seperti umumnya berlangsung di pensaklaran mekanik yg menggunakan relay. Transistor tersebut pas untuk pensaklaran di skema rangkaian digital yg memerlukan suplai tegangan/voltage yg kecil, keakuratan & kecepatan dikarenakan tdk menggunakan alat-alat mekanik seperti di saklar biasanya.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih