Mengenal Perbedaan Radio AM dan Radio FM

By | December 14, 2013

Mengenal Perbedaan Radio AM dan Radio FM – Di lihat dari type modulasinya radio penerima dibedakan dlm 2 jenis yakni Radio AM bila modulasi yg dipakai modulasi amplitudo yg memiliki karakter amplitudo sinyal termodulasi beragam mengikuti variasi amplitudo sinyal informasi. Radio penerima type yg ke-2 yaitu radio FM bila modulasi yg dipakai modulasi frekuensi, yakni sinyal termodulasi frekuensi bervariasi ikuti variasi amplitudo sinyal informasi.

Frekuensi pembawa radio modulasi amplitudo (AM) dlm cakupan 535 hingga 1605 kHz. Pembawa frekuensi dari 540 hingga 1600 kHz ditandai dngn interval 10 kHz. Radio FM memiliki band dari 88 hingga 108 MHz pada tv kanal 6 & 7 VHF. Stasiun FM ditandai dngn frekuensi senter di 200 kHz pemisahan diawali di 88, 1 MHz untuk maksimum 100 stasiun. Stasiun FM tersebut memiliki deviasi maksimum 75 kHz dari frekuensi senter upper 25 kHz & lower “jalur pemandu’ untuk meminimkan hubungan dngn penyusunan band frekuensi.

Informasi dipancarkan dari stasiun radio AM, dengan cara listrik deskripsi suara (yg di ambil dari mikropon maupun sumber program lain) dipakai untuk memodulasi amplitudo gelombang pembawa lalu dipancarkan dari antena pemancar stasiun radio. Ini kontras dngn radio FM di mana sinyal dipakai untuk modulasi frekuensi pembawa. Spektrum frekuensi pada 535 kHz & 1605 kHz & gelombang pembawa dipisahkan dngn 10 kHz.

Penerima radio bisa di-tune untuk terima satu dari beberapa frekuensi pembawa radio dlm area penerimaan. Ini bikin praktis dngn memindahkan tanda dari pembawa di frekuensi menengah dlm radio dngn sistem yg diberi nama heterodyne. Penerima heterodyne, umumnya dengan cara elektronik menjaga penyusunan frekuensi menengah hingga hanya sebagian kecil dari skema rangkaian penerima mesti ditata apabila stasiun beralih.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih