Panduan dan Tips Beli Audio Mobil

By | December 12, 2013

Panduan dan Tips Beli Audio Mobil – Waktu ini ada beragam spaeker mobil dari beragam jenis serta merk, sedikit susah memanglah untuk memastikan speaker type apa yang sama sesuai dengan instalasi audio mobil anda. Ada sebagian point utama yang perlu di perhatikan dalam menentukan speaker untuk system audio di dalam mobil. Salah satunya bakal dibahasa dalam tulisan ini.

Spesifikasi speaker yang sama sesuai dengan system audio didalam mobil

Ada dua spesifikasi dianjurkan yang perlu dipertimbangkan saat menentukan speaker audio mobil anda yakni :

Sensitivity

Spesifikasi ini berikan deskripsi seberapa besar nada yang bakal dihasilkan speaker dari sumber power amplifier yang terhubung dengan speaker. Bila dalam system audio mobil telah terpasang head unit standard, atau power amplifier oem mobil maka pastikan speaker dengan nilai sensitivity yang tinggi bakal sama sesuai dengan system audio anda. Namun bila telah memakai power amplifier aftermarket/branded maka mencari speaker yang mempunyai nilai sensitivity rendah dan jika disupply dengan power yang cukup maka speaker bakal membuahkan nada yang baik.

Power Handling

Spesifikasi ini bakal berikan deskripsi seberapa besar daya (dalam satuan watt) yang bisa di terima speaker. Bila dalam system audio mobil tak memakai sumber power tdk besar, maka tak perlu untuk memilih speaker yang berdaya besar. Sebaliknya bila telah mempunyai power amplifier yang bertenaga besar maka diperlukan speaker yang mempunyai power handling yang mendekati daya output dari power amplifier.

Type Speaker dalam instalasi audio mobil anda.

Speaker dapat dibagi jadi dua kelompok utama yakni sepaker full-range serta componet speaker.

Speaker Full-range

Speaker fullrange mempunyai seluruh elemen dari speaker dalam satu wadah, speaker type ini bakal mereproduksi audio yang dihasilkan speaker midbass, tweeter, serta woofer. Bila hendak ganti speaker oem di dalam mobil tanpa direpotkan dengan instalasi yang rumit maka spaker type ini adalah pilihan yang pas.

Component speaker

Component speaker adalah speaker dengan design yang lebih baik untuk menghasilkan mutu audio yang baik. Component speaker umumnya terbagi dalam midbass, tweter serta crossover yang terpisah, serta di design agar dapat membuahkan nada yang sesuai.

Tweeter dalam component speaker terpisah dengan woofer, serta bisa diletakkan pada posisi yang sekiranya pas untuk dapat menghasilkan imaging yang baik dalam audio mobil. Penempatan yang pas bakal menghasilkan nada yang lebih realistis, lebih hidup, serta mempunyai kedalaman nada yang lebih baik dibanding speaker full range. Crossover pada system component speaker di buat terpisah masing-masing untuk tweeter serta woofer. Component speaker umumnya terbuat berbahan yang lebih baik dibanding speaker full range hingga dapat untuk berikan nada yang lebih dinamis serta detil.

Bahan pembuat speaker pastinya bakal memastikan ketahanan serta mutu nada dari speaker. tiap-tiap type speaker mempunyai bahan yang tidak sama salah satunya yaitu :

Bahan pembuat speaker woofer/midbass

Supaya bisa membuahkan suara nada rendah bahan speaker woofer/midbass dari speaker full range atau speaker komponen mesti terbuat berbahan yang kaku serta mudah. Umumnya Pabrik speaker bikin cone woofer berbahan sintetis seperti polypropylene. Polypropylene digabung dengan material lain seperti mika bakal bikin woofer jadi lebih kaku hingga bakal membuahkan bass dengan response yang akurat. Bahan kain atau susunan sintetis yang dilapis dengan almunium atau titanium akan bikin woofer enteng, kuat serta bakal membuahkan response bas yang benar-benar baik. Seluruh type bahan ini tahan pada panas, dingin serta lembabnya angin yang ada di dalam mobil.

Bahan pembuat Tweeter

Bahan pembuat tweeter benar-benar merubah type nada yang dihasilkan tweeter. Umumnya tweeter di buat berbahan yang lembut, seperti poly, kombinasi kain, atau sutra yang bakal berikan ciri-ciri nada yang tambah baik serta agak mellow. Bila tweeter di buat dengan memakai bahan yang keras seperti metal, keramik atau graphit maka bakal membuahkan suara nada tinggi yang bright serta gesit.

Bahan Pembuat Lingkaran (surround) Speaker

Lingkaran speaker (surround) pada woofer mempunyai peran yang benar-benar penting adalah sisi speaker yang bakal bikin woofer bergerak bebas serta menghasilkan nada bass yang lebih tegas. Bahan pembuatnya mesti tahan pada beragam suhu serta kelembapan yang ekstrim. lingkaran speaker yang terbuat dari karet bakal berikan performa serta ketahanan yang baik sedang bahan busa serta kain memanglah lebih murah harga nya namun tetap bakal membuahkan performa yang baik juga.

Janganlah lupa untuk mencermati passive crossover yang diikutkan dalam speaker komponen ini adalah satu diantara sisi penting dalam speaker komponen, di mana manfaat dari passive crossover ini untuk memisahkan frekwensi dari tweeter serta woofer/midbass, hingga midbass ataupun tweeter tak perlu bekerja terlampau berat untuk dapat menghasilkan nada yang sama sesuai dengan fungsinya. Dengan passive crossover yang baik maka bakal dihasilkan nada yang lebih jernih serta lebih efisient.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih