Panduan Menjaga Ban Mobil Supaya Awet

By | August 10, 2013

Panduan Menjaga Ban Mobil Supaya Awet – Menurut data yang ada pada departemen keselamatan jalan raya nasional as, sejumlah 660 masalah kecelakaan jalan raya disebabkan oleh kurangnya tekanan angin didalam ban serta mengakibatkan korban luka berat sejumlah 33 ribu per th.. Suatu penelitian yang disponsori oleh rubber manufacturers association ( rma ) baru-baru ini, yang dikerjakan pada 1000 orang pengemudi di semua negara bagian, mendapatkan fakta-fakta bahwa :

  • 63% pengendara mobil mengatakan bahwa tekanan ban amat berpengaruh pada jarak tempuh dari kendaraan
  • Cuma 19% dari beberapa pengemudi yang memeriksa keadaan tekanan ban mobil mereka
  • Setiap bln., tiga dari empat pengendara mobil membersihkan kendaraan mereka, tetapi cuma satu dari lima pengendara yang memeriksa tekanan ban mobil mereka

Anda bisa menempuh jarak sampai meraih 3,3% lebih jauh serta menghemat biaya bbm, bila anda senantiasa rajin memeriksa keadaan tekanan ban mobil anda serta melindungi supaya senantiasa didalam tekanan yang semestinya.

Dibawah ini yaitu 10 panduan perawatan ban mobil :

  1. Janganlah menanti sampai ban rusak. Lakukan untuk senantiasa memeriksa tekanan ban mobil anda, paling tidak 1 bulan serta terlebih sebelum saat lakukan perjalanan jarak jauh. Ban dengan tekanan yang kurang cukup dapat mengakibatkan ban gampang panas dikarenakan gesekan yang besar dengan aspal, hingga ban cepat aus serta dapat membahayakan keselamatan mengemudi.
  2. Anda mesti hapal dengan tekanan yang seimbang dari ban mobil anda. Ukuran tekanan ban yang cocok dapat dipandang pada stiker yang melekat dibagian dalam dari pintu kendaraan anda, atau pada buku panduan pemilik kendaraan.
  3. Untuk pengukuran yang valid pada tekanan ban mobil anda, periksalah ban waktu suhu mereka dingin. Bila mobil anda habis melakukan perjalanan jauh, tunggu lebih kurang tiga jam.
  4. Kerjakan kontrol berkala, sekurang-kurangnya 1 bulan sekali serta jagalah supaya ukuran tekanan ban mobil anda senantiasa pada batasan yang seimbang. Hingga mobil anda siap untuk dipakai, bila setiap saat anda perlukan.
  5. Duit koin dapat dipakai sebagai alat penunjuk bahwa ban mobil anda sudah gundul. tempatkan duit koin di tapak ban mobil anda. Bila anda dapat lihat semua gambar duit koin tersebut, maka waktunya untuk mobil anda untuk mengganti ban.
  6. Jagalah ban mobil anda dari lobang di jalur. Karena lobang yang terlampau besar tidak cuma dapat mengakibatkan kerusakan ban mobil anda, tetapi akan mengganggu keseimbangan atau balance dari ban mobil.
  7. Buat jadwal. Yakinkan anda menukarkan ban mobil anda yang di depan dengan yang di belakang setiap 6000 mil, supaya menyeragamkan keadaan semua ban serta menjaga periode pemakaian ban lebih lama.
  8. Janganlah mengendarai mobil dengan ban yang tanpa penutup pentilnya. mengemudikan mobil dengan ban tanpa penutup pentil mungkin saja mengakibatkan kebocoran angin dari dalam ban serta dapat menyebabkan ban kekurangan tekanan.
  9. Periksalah keseimbangan atau balance dari ban mobil anda dengan teratur, untuk hindari putaran ban yang tidak stabil.
  10. Pertimbangkan bobot yang perlu dimuat oleh mobil anda. Bila muatan melebihi kapasitas paling tidak bisa menyebabkan tekanan yang berlebih pada ban mobil anda serta itu dapat amat membahayakan.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih