Panduan Menjaga serta Bersihkan Pendingin Processor Laptop/Komputer

By | October 29, 2013

Panduan Menjaga serta Bersihkan Pendingin Processor Laptop/Komputer  – Untuk pemakaian Laptop atau PC yang terus-terusan tidak jadi masalah, namun anda di haruskan untuk menjaga laptop/PC anda supaya kemampuannya terus maksimal. Nah salah satunya yakni menjaga Processor serta Kipasnya.

Panduan Menjaga Pendingin Processor :

  1. Yakinkan sisi atas processor Anda sudah diolesi dengan thermal paste. Thermal Paste atau Thermal Grease yaitu bahan gel yang berperan untuk mengangkat panas dari processor ke headsink. Untuk thermal paste yang berwarna silver mempunyai mutu lebih baik daripada yang berwarna putih.
  2. Yakinkan casing mempunyai jalur sirkulasi yang lancar, lantaran casing yang kurang sirkulasi bakal mengakibatkan komponen hardware didalamnya, terhitung processor, jadi lebih cepat panas.
  3. Rapikan kabel-kabel, terlebih kabel jenis ATA yang memiliki ukuran semakin besar serta lebar dibanding kabel SATA. Kabel yang rapi bisa membuat lancar aliran hawa dalam casing.
  4. Untuk PC pribadi, barangkali Anda dapat buka penutup casing, untuk efektivitas kelancaran sirkulasi hawa, meskipun barangkali tidak cocok dengan nilai estetika serta tak enak dipandang lantaran hardware di dalamnya terlihat dari luar.

Dibawah ini panduan utama untuk menjaga processor :

  1. Putuskan aliran atau kontak listrik dari PC Anda. Diamkan sebagian waktu supaya headsink lebih dingin, lalu buka headsink serta kipas dari processor.
  2. Pisahkan kipas serta headsink, lalu bersihkan kipas dengan kain basah. Bersihkan celah headsink dari debu, atau bersihkan dengan memakai kuas atau sikat yang lembut. Keringkan headsink serta upayakan tak ada sisa air di celah headsink supaya tak konslet.
  3. Gunakan lagi kipas dengan headsink, lalu pasangkan keduanya ke processor seperti sediakala.
  4. Anda bisa lakukan perawatan 3 bln. sekali, terlebih dalam ruangan yang ber-AC. Tetapi, bila lingkungan banyak debu, perawatan bisa dikerjakan tiap-tiap satu bulan sekali.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih