Panduan Menjaga Wiper Mobil

By | January 22, 2014

Panduan Menjaga Wiper Mobil – Kaca mobil yg kotor & berjamur dapat mengganggu pandangan waktu mengendarai. Karenanya, kaca mobil pun butuh dirawat supaya senantiasa bersih & bikin anda nyaman dlm perjalanan. Menjaga kaca mobil sedikit berlainan dngn menjaga bodi mobil. Kaca mobil tdk bisa dipoles sesering kita memoles bodi mobil, lantaran bila terus-terusan dipoles, susunan kaca bisa menipis & bikin kaca itu kehilangan susunan anti UV bawaan pabrik, & ekstrimnya kaca dapat jadi rapuh & mudah pecah. Tentu kita tdk ingin hal tersebut berlangsung, karenanya kita mesti lebih rajin menjaga accessories mobil kita.

Supaya kaca mobil kita terbebas dari jamur, kita mesti rajin mengeringkan kaca dngn mengelap memakai lap chamois setiap saat mobil habis kehujanan. Untuk hasil optimal, sesudah dilap dngn chamois, ulangilah memakai lap microfiber supaya bening prima. Janganlah biarkan air atau kotoran terlampau lama melekat di kaca.

Bila kita merasakan mobil kita dlm situasi kotor & kita tdk pernah membersihkan mobil, sempatkanlah untuk mengelap kaca-kacanya saja. Jamur yg melekat di cat supaya hilang bisa sering-sering dipoles (dngn langkah yg sudah dijelaskan pada situs (blog) sebelumnya), tetapi tdk demikian dngn jamur di kaca, hingga tambah baik menghambat munculnya jamur dngn rajin mengelap kaca. Bila kaca telah terlanjur dipenuhi jamur, tdk ada langkah lain tak hanya membawa mobil anda ke salon untuk dibikin bersih kacanya dari jamur, sekali lagi saya ingatkan, janganlah terus-terusan memoleskan kaca mobil anda di salon.

Memoles sendiri dirumah pun tdk terlampau dianjurkan lantaran memoles kaca mobil tingkat kesulitannya lebih tinggi dari memoles bodi. Bila anda lakukan kekeliruan, malah anda dapat jadi ‘buta’ waktu mengendarai lantaran kaca yg semestinya bening jadi buram lantaran kekeliruan dlm memoles.

Panduan setelah itu yg hendak saya berikanlah yaitu langkah perlakuan kita ‘memainkan’ wiper supaya kaca depan atau kaca belakang yg dilengkapi wiper dapat lebih awet. Pertama, janganlah sekali-sekali menggerakkan wiper bila kaca dlm keadaan kering & penuh debu. Ini dapat menyebabkan goresan-goresan halus (juga kasar) pada kaca mobil anda, karet wiper pun jadi mudah rusak & tdk sehalus sebelumnya.

Bila kaca mobil anda penuh debu, bila hendak membersihkannya dngn wiper, semprotkan air/cairan wiper terlebih dulu supaya kaca jadi licin & debu-debu tdk sampai menggores kaca saat wiper digerakkan. Langkah yg lebih aman yaitu senantiasa sedia lap chamois di mobil, bila merasakan kaca kita penuh debu, lebih aman mengelapnya dngn chamois yg lembab dari pada memakai wiper.

Ke-2, pakai wiper sekedarnya. Banyak kita temui dlm keadaan hujan yg cuma gerimis, beberapa orang menyalakan wiper dlm posisi ‘full speed’. Bila hal tersebut kerap dikerjakan, susunan kaca bisa terkikis walaupun cuma sepersekian mikron. Ini bisa menyebabkan belang pada sisi yg tersapu wiper & sisi yg tdk.

Untuk hindari hal itu berlangsung, pabrikan mobil sekarang ini melengkapi deretan mobil-mobil barunya (yg tetap tergolong elegan seperti Toyota New Corolla Altis & Peugeot 307) dngn ‘rain sensor’ yg sangat mungkin wiper untuk bergerak dengan cara automatis sama sesuai intensitas hujan/jumlah air yg melekat di kaca, jadi wiper dengan cara automatis bergerak seperlunya saja. Untuk mobil-mobil yg belum dilengkapi dngn rain sensor, pengemudilah yg mesti menganalisa seberapa sering wiper mesti dipakai.

Ketiga, bila memakai ‘wiper fluid’, yakinkan sabunnya tdk bikin kaca terlampau kesat lantaran hal tersebut malah bisa menyebabkan wiper jadi ‘skipping’ waktu digerakkan & menyebabkan nada yg mengganggu. Yakinkan sabun di campurkan sesuai sama saran pada paket. Bila terlampau sedikit bakal tdk ada faedahnya & bila terlampau banyak malah bakal menyebabkan sejenis kabut putih pada kaca yg bisa mengganggu pandangan.

Mencampurkan air dngn sabun cuci piring (sejenis SunLight) benar-benar efisien untuk menyingkirkan noda-noda & lemak yg melekat di kaca, tetapi langkah tersebut tdk demikian direkomendasikan lantaran belum di teliti tentang efek yg diakibatkan oleh sabun cuci bila terlampau lama dilewatkan mengendap di reservoir. Tambah baik memakai wiper fluid yg memanglah telah dirancang untuk kaca mobil sejenis KIT atau Rain-X. Paling akhir, rajin-rajinlah mengelap karet wiper dngn lap chamois supaya karet wiper bebas dari debu-debu yg bisa menggores kaca.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih