Panduan Merawat AC Mobil

By | December 4, 2013

Panduan Merawat AC Mobil – Air Conditioner (AC) di kendaraan Anda waktu ini nampaknya jadi accessories mobil penting untuk terwujudnya kenyamanan waktu berkendara. Terlebih pada kota-kota besar seperti Jakarta, AC seperti keperluan primer yg harus dipunyai tiap-tiap mobil. Sekali saja ngadat atau AC tdk terasa dingin, terasa meskipun telah buka jendela mobil & mengkipas-kipas badan dngn berbagai macam benda belum juga bisa kurangi angin panas yg masuk ke dlm mobil.

Masalah di AC umumnya dikarenakan kurangnya perawatan. Panduan dibawah ini bisa menolong Anda lakukan perawatan accessories mobil yakni AC sendiri saat sebelum kerusakannya makin kronis & mesti selekasnya dibawa ke pakar service AC mobil :

Jagalah kebersihan kabin dari debu & kotoran. Yg butuh paling di perhatikan yaitu 2 lembar karpet di depan lantaran bakal tersedot ke dlm evaporator (lembab) hingga bakal menyebabkan jamur yg jelek buat kesehatan penumpang. Apabila hal tersebut dilewatkan, karpet itu bakal menyebabkan bau yg kurang enak saat AC perdana kali dihidupkan.

Usahakan senantiasa buka kap mesin mobil Anda saat membersihkan mobil & semprotkan air yg kencang di sisi Condensor AC (umumnya terdapat di depan radiator). Kotoran yg melekat di Condensor bila dilewatkan bakal menyebabkan korosi atau keropos hingga mengakibatkan kebocoran.

Upayakan senantiasa menentukan tempat parkir yg teduh bila Anda akan parkir dlm waktu yg cukup lama pada satu area yg panas. Angin panas yg masuk ke dlm mobil bakal bikin beban pendinginan yg dikerjakan AC jadi lebih berat.

Periksalah kipas di depan Condensor apakah hidup saat AC dihidupkan. Bila tdk, cepatlah ganti untuk hindari rusaknya di Compressor.

Janganlah merokok di dlm mobil lantaran asapnya dapat mengotori Evaporator, sedang nikotinnya bakal melengket & berlendir dan menyebabkan bau kurang enak & sulit hilang.

Janganlah mengoptimalkan beban AC waktu Anda memakai mobil dlm kecepatan yg tinggi. Usahakan turunkan temperaturnya saat Anda lakukan itu.

Lakukan saat sebelum menghidupkan mesin, ingatlah selalu untuk mematikan AC terlebih dulu. Setelah mesin stabil baru hidupkan AC. Demikian sebaliknya, saat akan mematikan mesin, matikan AC terlebih dulu sebelum saat mematikan mesin.

Jauhi penggunaan accessories mobil seperti pengharum mobil yg kualitasnya jelek & usahakan untuk tdk menentukan pengharum yg dipasangkan dngn langkah dicolok ke grill, karena kerap terjadi patah.

Bila ada tanda-tanda yg tdk umum seperti AC kurang dingin baiknya selekasnya ke bengkel spesialis AC mobil supaya tdk terlanjur rusak & mengakibatkan Anda keluarkan cost yg cukup besar.

Kerjakan perawatan ruti AC, sekurang-kurangnya satu tahun sekali untuk meyakinkan kemampuan AC mobil Anda ada di level yg maksimal.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih