Panduan Merawat gardan Mobil

By | February 18, 2014

Panduan Merawat gardan Mobil – Untuk anda yang memiliki mobil berpenggerak roda belakang, maupun 4WD. Gardan adalah komponen yg sangat penting, lantaran gunanya menggerakkan roda. Mobil dngn gerak roda belakang pastinya memakai gardan, lain perihal dngn gerak roda depan yg tdk membutuhkan peranti itu. Apabila gardan punya masalah atau rusak, bisa mengakibatkan mobil tdk bakal jalan.

Tetapi yg disayangkan, malah gardan sering dianaktirikan. Tujuannya, komponen tersebut sering dilupakan masalah perawatannya.

Apabila tdk sedang punya masalah, umumnya orang tidak sering lakukan pengecekan atau perawatan. Walau sebenarnya tdk susah menjaga gardan.

 “Cukup dngn teratur ganti oli gardan tiap-tiap 10 ribu km., ”

Biasanya, pergantian oli gardan umumnya dikerjakan berbarengan dngn pergantian oli transmisi, serta memakai nilai kekentalan pelumas sama sesuai yg disarankan produsen kendaraan.

Biasanya persoalan pada gardan berlangsung apabila telah terdengar bunyi dengung. Hal tersebut berlangsung disebabkan oli gardan yg sudah encer, atau juga sudah menyusut secara signifikan.

Pastinya itu berlangsung lantaran yang memiliki mobil tidak sering memerhatikan atau menjaga gardan. Sebatas info harga oli gardan yg ada di pasaran yaitu berkisar pada Rp 27-43 ribu. Mereknya juga berbagai macam, seperti Rored yg keluaran Pertamina, Idemitsu, dan Elf. Untuk mobil yg pemakaiannya seringkali di dlm kota, maka dianjurkan memakai oli yg speknya multigrade, dngn SAE75-90 atau 80W90.

Ini karena viskositas oli itu lebih encer hingga tdk terlampau memberatkan kemampuan gardan. Sedang untuk mobil yg beban kerjanya berat atau mobil-mobil th. lawas bisa memilih oli single grade dngn SAE 90 atau SAE 140.

Untuk kamu yg mempunyai mobil dngn gardan yg dilengkapi feature LSD (Limited Slip Differential) dianjurkan memakai oli gardan dngn spesifikasi spesial untuk jenis gardan LS. Misalnya merk Lucas.

Bila anda belum tahu, apakah gardan bawaan mobil telah bertipe LS atau tdk, dapat dicek sendiri kok.

 “Dongkrak dua roda belakang, cobalah putar satu diantara roda, bila roda satunya turut berputar bermakna gardannya dilengkapi LSD, ”

Asal tahu saja, oli gardan untuk jenis LSD ini mempunyai berbentuk long life time. Tetapi tetap dicek berkala supaya terus berperan dngn baik.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih