Panduan Merawat Mobil Diesel

By | December 22, 2013

Panduan Merawat Mobil Diesel – Kekurangan mesin diesel terdahulu telah banyak diperbaiki pada mesin diesel moderen. Umpamanya mereduksi getaran, nada mesin & emisi gas buang, tenaga yg tdk sepadan dngn ukuran mesin, lebih efektif dlm pemakaian bahan bakar, torsi puncak yg didapat di rpm rendah & sebagian perbaikan yang lain hingga bisa menyaingi kekuatan performa mesin bensin. Namun beberapa orang menilai, bahwasanya cost untuk perbaikan rusaknya mesin diesel lebih mahal di banding mesin nondiesel. Sesungguhnya hal semacam itu tdk perlu berlangsung apabila si yang memiliki rajin merawatnya. Terutama di bagian yg dianjurkan seperti filter angin, filter oli, & filter solar yg mesti kerap diganti. Sedang pada mobil non-diesel butir-butirnya semakin banyak.

Berkendara dngn mesin diesel, baik di dlm ataupun diluar kota, tidaklah hal yg pantas dipertimbangkan lagi. Untuk yg berkeinginan beli mobil baru bermesin diesel, banyak terdapat pilihan dngn semua kecanggihan yg sama hebatnya dngn mobil memiliki bahan bakar bensin. Ciri-ciri diesel memanglah di ciptakan untuk ketahanan dngn waktu kerja yg lama namun lebih murah & gampang perawatannya.

Diesel tdk butuh ganti busi & platina. Konsumsi bahan bakarnya efektif & durabilitasnya tinggi. Bila lihat mesin-mesin di pabrik, kereta api, bus kota, & truk, seluruhnya menggunakan diesel. Tdk ada yg menggunakan mesin bensin lantaran ketangguhan diesel mengagumkan & telah teruji.

Panduan Merawat Mobil Diesel

Pemanasan Mesin

Seperti lazimnya mesin lain, mesin diesel butuh pemanasan saat mobil baru dihidupkan. Lantaran pada prinsipnya, mesin diesel itu lakukan pembakaran disaat terjadinya pemanasan. Jadi, hal tersebut harus dikerjakan untuk meraih temperatur kerja mesin. Diluar itu, pemanasan pun bermanfaat untuk pelumasan yg lebih sempurna.

Saringan udara

Saringan angin atau yg di kenal dngn sebutan air filter adalah paru-paru mesin kendaraan. Saringan angin tersebut berperan menyaring debu dari angin yg masuk & mengalirkan angin yg bersih ke mesin. Lantaran saringan angin adalah satu sisi yg benar-benar penting, maka butuh dibuat bersih & diganti secara teratur untuk melindungi keadaan yg sempurna pada kendaraan Anda.

Saringan Oli

Biasanya, pergantian saringan oli dikerjakan sesudah 2 x ganti oli atau tiap-tiap penggunaan 10. 000 km. Pergantian saringan oli sama mutlaknya dngn pergantian pelumasnya. Saringan oli berperan untuk menyerap atau menyaring kotoran-kotoran dlm pelumas itu. Keterlambatan pergantiannya bisa menyebabkan fatal untuk mesin. Bila saringan pelumas telah penuh kotoran, bakal berlangsung penyumbatan, hingga tekanan pelumas meningkat & pelumas bakal mengalir melewati saluranby pass. Pelumas memanglah terus mengalir & bersirkulasi, namun tdk tersaring & debit aliran pelumas alami penurunan. Dlm keadaan seperti ini mesin alami kekurangan suplai pelumas (oil starvation), hingga menyebabkan kurang baik pada komponen mesin.

Saringan solar

Kenapa saringan solar mesti senantiasa bersih? Sama halnya dngn saringan angin, maka saringan solar yg terhalang mengakibatkan mesin tdk bertenaga lantaran beberapa solar yg diperlukan tdk terpenuhi. Pada titik tertentu mesin dapat mogok lantaran pipa saluran solar terisi angin (masuk angin). Maka disarankan bersihkan saringan solar & menggantinya sesudah menempuh jarak 15. 000 km.

Pompa bahan bakar

Pompa bahan bakar yaitu komponen hilir dari perjalanan solar dari tangki saat sebelum dibakar. Solar yg dikonsumsi mesin diesel tersebut memiliki kandungan zat yg berperan untuk pelumas mesin. Pelumasan tersebut benar-benar bermanfaat untuk komponen-komponen seperti pompa injeksi (supply pump) & injector (nozle). Untuk melindungi pompa bahan bakar butuh di perhatikan mutu solar. Karenanya, untuk menolong menjaga pompa injeksi, janganlah lupa memeriksa saringan bahan bakar dengan cara berkala. Pergantian pompa injeksi dilakuan tiap-tiap kelipatan tempuh 20. 000 km, juga lebih baik ganti saringan bahan bakar setiap kelipatan tempuh 10. 000 km.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih