Panduan pemakai mobil waktu banjir

By | December 24, 2013

Panduan pemakai mobil waktu banjir – Apa yg mesti Anda dikerjakan apabila mobil terlanjur kecebur banjir? Anjuran beberapa pakar, matikan mesin! Alasannya, bila percikan air tersedot oleh mesin melewati saluran isap, mengakibatkan benar-benar fatal. Mesin yg jadi jiwa mobil, riwayatnya tamat! Dampak water hammer atau terjangan air, bikin setang piston bengkok, piston juga menghajar blok & kepala silinder.

Dibawah ini cara-cara saat mobil terjerat dlm kondisi banjir.

Cabut aki

Maksudnya, mematikan seluruhnya system kelistrikan mobil termasuk accessories mobil seperti pc. Hubungan pendek (korslet) dapat dihindari.

Derek

Sesudah banjir berkurang, janganlah segera menghidupkan mesin. Terlebih mesin turut kelelap..

Teliti Komponen

Bila kedalaman air tdk sampai merendam mesin, sebagian komponen yg harus di check yaitu kaki-kaki. Satu diantara yg dianjurkan di check yaitu tie-rod. Komponen tersebut dilumasi oleh ‘gemuk’ lalu ditutup dngn karet. Air mungkin masuk melewati celah. Bila tdk dibuang, gemuk bercampur dngn air kotor & mengakibatkan karat.

Ganti oli

Untuk hindari oli kemasukan air, baiknya oli transmisi diganti. demikian juga pelumas untuk gardan (gerak belakang).

Misal kasus, Toyota Innova matik nekat menerjang banjir dngn ketinggian air hingga merendam girboks. Nyatanya, ada air yg sukses masuk & bercampur dngn oli. Untuk kuras & membilasnya diperlukan 18 liter oli untuk kembali ke keadaan normal. Walau sebenarnya sistem menguras oli untuk mobil standard cuma perlu 12 liter.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih