Panduan Sederhana Bersihkan Karburotor Sepeda Motor Dengan Benar

By | March 17, 2014

Panduan Sederhana Bersihkan Karburotor Sepeda Motor Dengan Benar – Karburator adalah komponen yg benar-benar penting yg ada pada dlm sepreda motor, motor seperti badan orang yg terdiri dari beragam elemen maupun sisi yg saling bekerja bersama. Di antara sisi itu karburator yaitu seperti jantung pada orang yg berikan daya pada semua badan agar bisa bergerak.

Oleh karenanya karburator adalah sisi yg benar-benar vital hingga butuh perhatian khusus dlm perawatannya. Namun perlu untuk di perhatikan jika setiap berlangsung kerusakan di karburator anda mesti kebengkel maka anda pasti bakal keluarkan sejumlah dana sbg imbalan layanan bengkel. Namun anda tdk butuh cemas, dlm postingan saat ini corelita.com bakal coba sharing info pada rekan-rekan tentang Panduan Sederhana Untuk Bersihkan Karburotor Sepeda Motor Dngn Benar & bisa anda kerjakan sendiri di rumah, dibawah ini info lengkapnya buat kamu.

1. Bersihkan filter angin maupun penampung debu, Dngn langkah melepas filter angin yg terpasang di mulut karburator lalu lepas busa filter kemudian bersihkan dngn cairan pembersih, biarkan kering dngn sendirinya. Janganlah dibikin bersih dngn langkah disemprot angin bertekanan tinggi lantaran bisa mengakibatkan rusaknya pori-pori busa di filter.

2. Langkah bersihkan karburator yaitu dngn :

  • Melepas baut-baut pengikat, tutup karburator, katup cuk (choke) & keran bensin. Pakai kunci yg pas supaya alat-alat itu tdk dol lalu lepas komponen-komponen di karburator dngn hati-hati kemudian letakkan dlm wadah yg diisi cairan pembersih, supaya gampang pakai saja bensin sbg cairan pembersihnya.
  • Lepas mangkuk karburator, pelampung & jarum pelampung, main jet, pilot jet & yg yang lain. Hati-hati pada parts yg kecil-kecil & seal maupun karet pelindung. Baiknya anda letakkan dlm wadah yg gampang terlihat supaya di waktu memasang kembali tdk bingung mencarinya.
  • Bila telah lepas seluruhnya maka bersihkan karburator dngn kuas, kemudian semprot lubang-lubangnya dngn angin bertekanan tinggi. Pakai amplas halus untuk bersihkan kotoran di spuyer-spuyer. Janganlah terlampau banyak mengamplasnya lantaran bisa mengakibatkan perubahaan ukuran diameter spuyer.
  • Sesudah bersih, pasang kembali spuyer-spuyer itu. Pakai obeng spuyer & pengecangannya janganlah terlampau keras, cukup pakai dua jari di ujung obeng.
  • Saat sebelum komponen-komponen karburator dipasang kembali, anda mesti mengatur tinggi pelampung bensin dngn memakai jangka sorong maupun stigmat supaya tdk berlangsung kekeliruan.

Untuk perakitan kembali karburator terlebih dahulu pasanglah kembali bagian-bagian karburator yg tadi dilepaskan berserta filter angin dngn dipasangkan kembali di lubang mesin. Lalu stel keadaan langsam motor di situasi mesin hidup. Stel spuyer angin-angin dngn langkah memutar searah jarum jam sampai mentok kemudian putar balik beberapa putaran sesuai dngn standard mesin maupun keadaan mesin motor anda. Anda pun mesti menyetel baut penyetel langsam yg terdapat pada tepi badan karburator. Stel di situasi panas mesin yg ideal. Setelan putaran mesin janganlah terlampau rendah maupun pelan lantaran bakal membuat oli tdk bisa naik dikarenakan tdk terpompa disebabkan rendahnya putaran mesin.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih