Panduan serta Cara Bersihkan Saringan Oli Supaya Motor Awet

By | November 11, 2013

Panduan serta Cara Bersihkan Saringan Oli Supaya Motor Awet – Untuk anda beberapa penggemar sepeda motor, Beragam cara juga bakal dikerjakan untuk melindungi keawetan dari sepeda motor yang paling disayangi. Walau kadang-kadang cost yang dikeluarkan tak sedikit tetapi hal itu tidaklah jadi penghalang untuk memperoleh sepeda motor dengan performa paling baik.

Dalam postingan saat ini corelita.com bakal coba sharing info yang harus buat kamu simak tentang perawatan sepeda motor yang paling disayangi yakni Panduan serta Cara Bersihkan Saringan Oli Supaya Motor Awet, dibawah ini info lengkapnya buat kamu.

Untuk beberapa yang memiliki motor bermesin 4-tak yang kerap punya masalah dengan pelumasan di kepala silinder atau di poros engkol, pantas mewaspadai keadaan saringan oli. Lantaran manfaat dari saringan oli ini untuk menyaring oli yang bakal dialirkan ke komponen yang ada dibagian head silinder. Bila saringan oli itu telah alami penyumbatan, maka bakal menyebabkan menyusutnya debit oli yang dialirkan. Jadi, pelumasan pasti tak lagi optimal.

Karenanya kontrol serta perawatan pada komponen ini, tak bisa diabaikan. Pada motor 4-Tak yang memakai system pelumasan jenis basah atau wet sum jenis pelumas didistribusikan oleh suatu pompa oli ke komponen-komponen yang bergerak.

Sebelum oli dipompakan ke komponen mesin seperti noken as serta juga poros engkol, oli itu disaring terlebih dulu. Hingga kotoran tak turut terbawa. Nah, keadaan saringan juga memastikan mutu oli yang dialirkan. Bila saringan telah penuh dengan kotoran, maka oli yang dialirkan juga tak lagi dapat optimal.

Bahayanya, friksi yang berlangsung antar komponen jadi lebih tinggi. Tak hanya suhu mesin jadi lebih panas, dampak terparahnya dapat buat mesin jebol. Butuh kita kenali juga, pada sepeda motor dengan pelumasan jenis basah ada dua buah saringan. Saringan kasa serta saringan rotor oli. Dua saringan ini memerlukan perlakukan yang tidak sama waktu kita kerjakan pembersihan.

Untuk saringan oli jenis kasa, umumnya terdapat dibawah mesin. Untuk di motor jenis bebek, kudu buka bak kopling dengan kata lain bak oli lebih dahulu. Sesudah terbuka, bersihkan lewat cara menyemprot saringan itu dengan udara bertekanan atau angin kompresor.

Sedang untuk rotor, di pacuan bebek terdapat di kopling sentrifugal dengan kata lain kopling ganda. Bersihkan jenis rotor, cukup mengelapnya dengan kain bersih. Janganlah memakai udara bertekanan, tujuannya supaya debu serta kotoran yang melekat tak masuk ke dalam lubang saluran yang menuju ke poros engkol. Tak hanya dua jenis yang telah dimaksud diatas, ada juga filter oli yang umumnya dipakai di motor jenis sport. Memiliki bentuk bulat serta juga mengaplikasi bahan kertas untuk menangkap kotoran.

Mantapnya, tidak cuma sisi dalam saja yang dapat menangkap kotoran. Namun kertas sisi luar juga dapat menahan kotoran sejenis geram, hasil gesekan antar komponen besi supaya tidak terbawa lagi. Sama kaya saringan jenis kasa serta rotor, filter oli kertas juga janganlah dibiarkan kotor. Karena, bila terhalang kotoran, maka pelumasan jadi tak lancar!

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih