Panduan serta Langkah Ganti Dumper Kopling Smash 110

By | November 5, 2013

Panduan serta Langkah Ganti Dumper Kopling Smash 110 – Untuk anda yang memiliki Suzuki Smash 110 barangkali sempat alami kesusahan dalam lakukan penggantian onderdil sisi dumper kopling. Tetapi sesungguhnya ganti sisi dumper kopling tidaklah sesulit yang anda pikirkan seandainya anda telah tahu langkah mudahnya, dibawah ini ini corelita.com bakal coba sharing info panduan buat kamu tentang Panduan serta Langkah Ganti Dumper Kopling Smash 110, dibawah ini info lengkapnya buat kamu.

Biasanya dumper yang terpasang diantara tempat tinggal kopling serta gir sekunder terbuat karet khusus. Seperti dumper di Honda Supra series, GL sampai Tiger series. Juga Yamaha Scorpio serta V-ixion juga memakai type karet walau memiliki bentuk tidak sama.

Namun, tak hanya material karet spesial yang sempat kita ketahui, pabrikan Suzuki melansir dumper dengan type serta design tidak sama. Pasalnya komponen peredam kejut serta getar tempat tinggal kopling didalam mesin Suzuki Smash 110, jadi gunakan pegas yang terpasang di lokasi sama.

Tetapi baik dumper karet atau pegas sebenarnya sama-sama mempunyai pekerjaan serta manfaat yang kembar. Fungsinya meredam getar sekalian entakan pada waktu mangkok kampas kopling dapat daya putar kruk-as sebelum saat dialirkan ke tempat tinggal kopling.

Maka dari itu bila karet atau per dumper telah lemah, pasti kerap dengar nada bising di bak mesin. Serta nada desing bakal hilang pada waktu tuas kopling (sport) atau tuas persneling (bebek) ditekan. Karena pada waktu ditekan, seluruh komponen dirumah kopling semakin rapat serta presisi. Ganti dumper berbahan karet di motor barangkali telah umum. Namun, bagaimana jika yang lemah itu dumper dari per? Karena secara wujud serta jenis sudah lain serta cuma ada di merk motor tertentu seperti di Smash 110.

Sama saja sih langkah gantinya. Tempat tinggal kopling serta gir skunder yang di paku keling dilepaskan dahulu. Nah, waktu deteksi per telah lemah jadi lebih gampang, karena dapat dicek dari balik rumah kopling kelonggarannya. Bila ada yang oblak, ubah deh dengan per baru.

Untuk menggantinya, pegas sejumlah 6 itu dapat beli di bengkel resmi Suzuki atau toko onderdil. Harga nya per paket berkisar Rp 50 an ribu. Bila akan cepat bongkar serta pasangnya, mending segera bawa ke bengkel bubut yang memanglah ada alat-alatnya.

Oh iya, bila susah mencari pegas itu, anjuran Hendro dapat gunakan per kopling Yamaha Jupiter-Z. Per Jupiter-Z lalu di potong sampai jaraknya lebih kurang 18~19 mm, atau sekurang-kurangnya tak oblak waktu dipasang dirumah kopling agar terus menekan. Namun, gunakan per kopling Jupiter-Z 3 saja. Lalu yang 3 lagi terus aslinya harus diregangkan supaya daya tekannya kembali prima.

Tanda-tanda kerakan dumper, bila di motor sport ngeceknya mudah. Bila tuas kopling ditarik serta nada berisik dari bak kopling kanan hilang, di pastikan dumper rusak. Namun, bila di Smash dapat didengarkan bila nada berisik dari bak kopling saat langsam.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih