Panduan Serta Langkah Memaksimalkan Kinerja Rem Cakram

By | September 4, 2013

Panduan Serta Langkah Memaksimalkan Kinerja Rem Cakram – Rem adalah di antara komponen vital yang harus untuk senantiasa di perhatikan keadaannya. Oleh karena adanya rem dengan beragam situasi yang beresiko bisa kita jauhi.

Oleh sebab itu perawatan rem yaitu sesuatu yang tidak bisa kita anggap remeh serta didalam postingan kali ini corelita.com hendak coba sharing info tentang perawatan rem yang baik yakni panduan serta langkah memaksimalkan kinerja rem cakram, dibawah ini adalah info lengkapnya.

Agar rem cakram dapat bekerja optimal maka perawatan dikerjakan dengan berkala. Umumnya pengecekan berkala sistem pengereman sistem cakram dikerjakan 6 bln sekali. Pengecekan berkala ini tidak terlampau rumit serta dapat dikerjakan sendiri di rumah. Alat yang butuh disiapkan yaitu obeng min ( – ), kunci l ukuran 5, kunci pas, kemudian sikat kawat, amplas serta minyak rem dengan dot 3 atau dot 4.

Kegiatan ke 1 yang perlu dikerjakan yakni lepaskan dua baut pada kaliper memakai obeng min ( – ). Berikutnya baut l berperan sebagai baut sliding guna melepas kampas rem. Setelah itu terlepas kaliper dari cakram membuka baut menggunakan kunci pas.

Apabila seluruhnya telah dikerjakan, cek piston yang berada pada kaliper. Jika ada debu yang menempel pada piston baiknya anda bersihkan memakai sikat kawat. Sesudah bersih lalu teteskan oli guna mempermudah pergerakan piston.

Sesudah selesai, cek kaliper dengan seksama siapa tahu ada sisi yang terkena karat. Guna meyakinkan kaliper ada didalam situasi yang bersih, tempatkan sesaat diatas handuk atau kain yang lembut agar betul-betul kering.

Bila kampas rem tidak tebal lagi, secepatnya ubah dengan yang baru supaya lebih aman digunakan. Janganlah lupa supaya mengecek minyak rem yang ada pada master rem. Apabila isinya menyusut segera  imbuhkan dengan minyak rem dengan dot 3 atau dot 4.

Yakinkan dengan seksama baut penahan kampas. Bersamaan dengan usianya, komponen ini sering alami keausan. Bila ada gejala kerusakan baiknya diganti. Begitu juga dengan piringan ( disc ), yakinkan permukaan piringan selalu rata. Bila tidak, dapat bikin motor merasa slip waktu mengerem.

Untuk menangani yang satu ini, cuma bengkel yang dapat menanganinya. Sesudah seluruh oke, kembalikan lagi seluruh komponen-komponen layaknya sebelum dibongkar. Janganlah lupa lakukan uji. Cobalah sesaat pada proses pengereman tersebut.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih