Panduan serta Langkah Membeli Motor Bekas Yang Baik

By | October 25, 2013

Panduan serta Langkah Membeli Motor Bekas Yang Baik – Membeli sepeda motor tidaklah mesti dengan dalam keadaan yang baru. Untuk kamu yang hendak mempunyai sepeda motor tetapi biayanya masih terbatas, motor bekas atau seken mungkin saja menjadi pilihan yang pas buat kamu.

Sekarang ini sangat banyak beragam type dan jenis sepeda motor dengan keadaan seken tetapi kualitasnya tetap bagus, tetapi bila anda berkeinginan untuk beli sepeda motor bekas atau second ada banyak hal yang harus anda cermati supaya anda dapat betul-betul memperoleh motor dengan mutu yang baik. Di bawah ini corelita.com bakal sharing tips-nya buat anda tentang Panduan serta Langkah Beli Motor Bekas Yang Baik, dibawah ini adalah info lengkapnya.

1. Teliti harga pasar

Sebelum saat anda lakukan pencarian motor bekas yang bakal anda beli, baiknya teliti harga motor di pasaran terlebih dulu baik dari koran, majalah atau barangkali dapat juga dari website jual beli.

2. Teliti nomer rangka serta mesin motor

Periksa nomer rangka serta mesin motor, lalu cocokkan dengan nomer rangka dan nomer mesin yang tercantum pada STNK ataupun BPKB. Jika sama belum pasti motor itu asli, Cermati lebih jelas apakah nomer rangka & mesin motor yaitu asli serta bukan hanya ketokan kasar (pada umumnya penjual atau penadah motor curian merubah nomer rangka serta mesin lewat cara di ketok)

3. Teliti keadaan fisik

Periksa keadaan body, spion, baut serta yang lain, apakah tampak banyak goresan, keadaan retak maupun pecah, bakal tambah baik bila seluruh yang melekat pada motor yaitu parts orisinil.

4. Teliti keadaan oli motor

Upayakan buka serta ukur oli yang ada didalam mesin. Yakinkan ukuran oli tak terlalu berlebih, lantaran oli yang berlebihan bakal bikin nada mesin jadi lebih halus, hingga bisa menyembunyikan nada asli motor yang barangkali berbunyi kasar atau berisik.

5. Teliti speedometer

Yakinkan supaya tak ada retak atau ada bekas pembongkaran. Tengok jumlah berapakah km yang sudah ditempuh oleh motor itu. Bila di atas 20.000 km maka bisa di pastikan bakal sangat banyak komponen mesin yang bakal Anda diganti. Pastinya bakal memerlukan biaya yg tidak sedikit.

6. Hidupkan mesin motor

Cobalah hidupkan mesin motor itu, apakah dapat stationer atau langsam. Lantaran keadaan pada mesin yg tidak punya masalah bisa langsam pada putaran lebih kurang 1500 rpm. Dan yakinkan juga bahwasanya tak ada bunyi yang kasar didalam mesin.

7. Teliti perpindahan gigi

Lakukan kendaraan serta cermati posisi perpindahan gigi apakah jadi susah atau gak. Jika susah artinya mengisyaratkan kampas kopling motor itu bakal lekas habis. Satu lagi yang butuh di perhatikan juga yaitu, bila terdengar nada mendesir pada waktu motor jalan. Besar kemungkinan gigi primer dari motor itu bakal lekas habis.

8. Teliti rangka atau sasis motor

Cermati kelurusan roda motor depan serta belakang serta yakinkan bahwasanya rangka atau sasis motor itu tak ada kebengkokkan. Lakukan lebih kurang 40km/jam serta tekan rem sedikit mendadak untuk yakinkan motor tak susah dikendalikan. Hal semacam ini bermanfaat untuk mendeteksi lurusnya sasis serta poros setang atau setir.

9. Teliti kebocoran

Upayakan bisa mencoba lakukan motor lebih lama serta sesudah motor digerakkan lebih kurang 500 mtr. Cermati apakah tampak ada oli yang bocor melewati sela-sela mesin. Sekalian barangkali ada air radiator bocor, untuk motor yang memakai radiator.

10. Teliti keadaan kelistrikan

Periksa juga kelistrikan serta lampu-lampu seperti lampu motor depan, lampu sein, lampu rem belakang, klakson, lampu speedometer, atau elektrik stater motor. Jika seluruh berperan atau hidup, artinya tak ada rusak pada komponen serta keadaan aki motor tak ada persoalan.

11. Teliti keadaan roda

Kerjakan penelusuran pada keadaan Roda. Bagaimana kelurusan pada roda depan dengan roda belakang, hal semacam ini untuk memberikan keyakinan bahwasanya chasis atau rangka tak membengkok, motor yang alami jatuh atau benturan keras dapat mengakibatkan kebengkokan pada chasis.

12. Bila dapat coba test drive

Mintalah pada si penjual supaya dapat coba mengendarai motor itu, pasti bakal dapat rasakan apakah motor itu ada kelainan atau gak pada handling atau pada akselerasinya serta yang lain.

Inilah sebagian panduan untuk menentukan motor bekas sebelum saat membelinya. Janganlah lupa cocokkan harga yang di tawarkan oleh penjual dengan keadaan motor yang bakal di jual itu. Lantaran tiap-tiap motor mempunyai keunggulan serta kekurangan masing-masing.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih