Panduan serta Langkah Menentukan Air Radiator Yang Tepat

By | November 7, 2013

Panduan serta Langkah Menentukan Air Radiator Yang Tepat РMenentukan cairan radiator atau yang kerap dimaksud radiator coolant memanglah sebaiknya cermat, lantaran penentuan type Radiator Coolant (air radiator)  yang pas sangat memastikan mutu serta ketahanan dari sepeda motor yang paling disayangi anda. Dalam postingan saat ini corelita.com bakal coba sharing info yang bisa menolong anda dalam menentukan Radiator Coolant cocok dengan type dan keperluan sepeda motor yang paling disayangi anda yakni Panduan serta Langkah Menentukan air Radiator  Yang Pas, dibawah ini info lengkapnya buat kamu.

Arti radiator coolant (RC) tidak asing untuk yang memiliki motor yang dilengkapi radiator. RC ini dipercaya lebih menolong sistem pendinginan mesin di banding dengan air biasa. Juga sebagian APM (Agen Pemegang Merek) juga mereferensikan penggunakaan RC di banding air. Apakah benar? Yuk, kita kupas. System pendingin radiator, harus dibantu oleh air. Manfaat air ini bersirkulasi didalam mesin hingga melindungi mesin dalam temperatur ideal. Jika mesin terlampau panas, jadinya overheat.

Sebenarnya, memakai air biasa juga tidak jadi masalah. Cuma saja mesti diambil yang betul-betul tak mangandung mineral (alkali) serta asam. Air memiliki kandungan mineral bakal mengakibatkan radiator berkerak. Apabila terlampau banyak memiliki kandungan asam, bakal mengakibatkan korosi. Nah, lantaran mutu air tak dapat di pastikan inilah maka dari itu orang berpindah ke RC.

Kandungan di RC itu sendiri yaitu air murni, glycol serta anti-karat. Glycol jadi unsur terpenting di dalan RC. Lantaran fungsinya, Menaikan titik didih air, serta turunkan titik beku air. Di daerah tropis seperti Indonesia, fungsinya lebih ke menambah titik didih. Lantaran kita tak ada musim salju.

Hingga berapakah kenaikan titik didih air di radiator? Itu bergantung berapakah % kandungan glycol di coolant itu sendiri. Contoh, kandungan glycol-nya 10 %, maka titik didih air naik sampai 110 derajat celcius.

Jadi, manfaat coolant bukan hanya untuk mendinginkan temperatur, namun perpanjang titik didih air didalam system pendinginan. Jadi, bila ada yang katakan radiator coolant dapat mendinginkan temperatur mesin, itu bohong. Diluar itu, glycol juga memiliki kandungan bahan pelumas. Lantaran air didalam radiator kan juga melalui water pump. Nah, part ini butuh pelumasan supaya awet.

Di market, RC di jual dalam 2 paket. Paket segera tuangkan serta paket konsentrat. Untuk paket konsentrat, maka kita mesti mencampurkan coolant itu dengan air. Lantaran di dalamnya cuma murni glycol. Kandungan lain yang ada dalam RC yaitu anti-karat. Anti-karat ini bertugas membuat perlindungan besi didalam radiator agar tak korosif. Hingga, radiator tak mudah bocor.

Jadi, bila menentukan RC lihatlah spesifkasi. Cermati kandungan glycol di dalamnya serta juga ada anti karatnya atau tidak. Janganlah terpaut pada warna saja. Lantaran warna merah, kuning ataupun hijau itu tidak mempunyai dampak berlebihan. Itu cuma zat pewarna agar penampilan jadi tampak menarik saja.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih