Panduan Serta Langkah Menjaga Skutik Sesuai Aturan

By | September 8, 2013

Panduan Serta Langkah Menjaga Skutik Sesuai Aturan – Sepeda motor scoter matic atau yg kerap dimaksud scutic adalah sepeda motor yg didesain spesial utk beberapa pemakai motor yg senang dng perihal yg sederhana. Tetapi walau didesain supaya dapat dipakai semudah mungkin, tapi barangkali skutik tetap memerlukan perawatan spesial supaya dapat awet serta tahan lama. Didalam postingan saat ini corelita.com hendak coba sharing info buat kamu tentang langkah perawatan skutik sesuai aturan, dibawah ini adalah info lengkapnya buat kamu.

Mesin skuter matik sama juga dengan mesin sepeda motor biasanya. Yg membedakannya yaitu teknologi serta langkah kerja transmisinya, skutik mengaplikasi transmisi otomatis ( cvt ). Walau mengaplikasi teknologi transmisi otomatis, skutik juga perlu perawatan spesial serta pas dengan aturan, diantaranya dng langkah seperti berikut :

  1. Sebelum motor digerakkan, panaskan mesin terlebih dulu gunakan choke. Namun sebagian skuter matic sekarang ini telah memakai choke otomatis. Biarlah mesin hidup optimal 5 menit supaya sirkulasi oli dapat melumasi semua sisi pada mesin yg bergerak. Namun untuk skuter matic yg tetap memakai choke manual dapat tarik tuasnya dengan penuh. Serta biarlah mesin hidup sepanjang lebih kurang 30 detik lantas mulai turunkan perlahan serta bertahap tuas choke. Tetapi bila mesin gampang dihidupkan tanpa pertolongan choke dapat tambah baik. Lantas anda cuma butuh membiarkan mesin hidup lebih kurang sekurang-kurangnya 3 menit serta optimal 5 menit.
  2. Teliti situasi busi serta aki dengan teratur. Peran busi serta aki amatlah vital, dikarenakan motor matik adalah motor full DC.
  3. Situasi v-belt serta roller juga mesti senantiasa dicek. V-belt yg letaknya di samping roda, baiknya teratur diservice setiap 10. 000 km serta diganti setiap 25. 000 km.
  4. Bersihkan area transmisi dengan berkala setiap 4000 km, dikarenakan komponen cvt yg ada pada area transmisi amat rawan debu serta kotoran yang lain.
  5. Kerjakan penggantian gear oil tiap-tiap 5000 km atau cocok dng panduan pemakaian kendaraan. Pakai pelumas atau oli transmisi spesial matik.
  6. Manfaat oli sebagai pelumas komponen-komponen mesin juga mesti di perhatikan. Ganti oli dengan berkala setiap 1. 000 km, gunakan oli spesial motor matik, bukan hanya sembarang oli. Pelumas spesial matik dapat mengakomodir serta bekerja dengan optimal ke semua permukaan komponen yg ada didalam mesin skutik. Dan dapat kurangi gesekan serta oksidasi yg berlangsung pada mesin.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih