Panduan serta Langkah Setel Klep Mesin 4-tak Dengan Benar

By | November 9, 2013

Panduan serta Langkah Setel Klep Mesin 4-tak Dengan Benar – Lakukan perawatan yang teratur pada sepeda motor yang paling disayangi memanglah amatlah penting, terlebih untuk melindungi keawetan dan kemampuan dari mesin sepeda motor yang paling disayangi anda.┬áDalam postingan saat ini corelita.com bakal coba sharing info yang dapat menolong anda dalam lakukan perawatan pada sepeda motor yang paling disayangi yakni Panduan serta Langkah Setel Klep Mesin 4-tak Dengan Benar, dibawah ini info lengkapnya buat kamu.

Motor 4-tak dalam perawatan teratur butuh lakukan penyetelan klep. Tujuannya untuk kembalikan keadaan kerenggangan celah katup kembali ke seperti standard. Hingga diharapkan kemampuan mesin bakal kembali optimal.

Ada yang butuh di perhatikan penyetelan klep. Langkah yang perlu dikerjakan pada mulanya yakni seting piston pada posisi TMA (Titik Mati Atas). Bukan sekedar itu, syarat yang lain yang butuh dikerjakan yaitu posisi katup dalam keadaan bebas, pelatuk tak sedang menghimpit klep. Hingga dapat disetel kerenggangannya.

Janganlah lupa, posisi piston pada TMA atau keadaan di mana piston ada di puncak (TOP) ada dua kondisi. Yang pertama top kompresi, di mana top ini berlangsung sesudah akhir langkah isap. Yang ke-2 yaitu top buang di mana posisi piston diatas sesudah akhir langkah buang.

Nah, untuk lakukan penyetelan klep, posisi piston mesti ada pada top kompresi. Untuk melacak posisi itu mesti sesuaikan tanda T yang ada pada magnet dengan sinyal yang ada di blok, serta juga sinyal yang ada pada timing gear dengan sinyal yang ada pada kepala silinder.

Umumnya untuk melacak posisi itu kita mesti melepas tutup timing gir keteng lebih dahulu. Hingga bakal tampak sinyal yang ada pada timing gir. Namun, untuk mempersingkat waktu dalam lakukan penyetelan katup, kita tak perlu buka tutup timing gir. Kita cukup buka tutup baut magnet serta lubang pengintai tanda T yang ada di magnet saja.

Lewat cara lihat gerakan katup, kita bakal tahu posisi piston pada top kompresi atau top buang. Kembali pada penjelasan diatas bahwasanya top kompresi berlangsung sesudah langkah isap, artinya kita dapat tahu bahwasanya disitu berlangsung gerakan pembukaan katup hisap. Langkahnya kita raba katup isap ataupun buang dengan jari-jari kita. Sembari kita putar magnet memakai kunci T kearah depan kita rasakan katup mana pelatuk yang bergerak menekan.

Bila yang bergerak katup isap atau katup yang ada diatas, artinya bakal ketemu tanda T pada lubang intip magnet. Tanda T yang tampak dari lubang intip itu tunjukkan piston pada posisi top kompresi. Namun, bila yang bergerak menekan katup buang artinya bakal berlangsung top buang. Bila tanda T yang ada di lubang intip telah cocok dengan tanda pada tutup magnet setelah itu dapat lakukan penyetelan celah klep.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih