Panduan serta Langkah Tentukan Ukuran Gir Untuk Tingkatkan Performa

By | November 1, 2013

Panduan serta Langkah Tentukan Ukuran Gir Untuk Tingkatkan Performa – Menambah performa sepeda motor yang paling disayangi tidaklah mesti dengan menupgrade mesin tetapi berbaga langkah bisa kita kerjakan supaya tenaga motor anda keluar dengan optimal satu diantara misalnya dengan menentukan ukuran gir yang pas. Dalam postingan saat ini corelita.com bakal coba sharing info buat kamu tentang Panduan serta Langkah Tentukan Ukuran Gir Untuk Tingkatkan Performance, dibawah ini info lengkapnya.

Untuk mengatur power mesin, paling gampang diatur melalui gir atau sproket rantai. Akan bertenaga di putaran mesin rendah atau rpm atas? Tak perlu mekanik pakar untuk melakukannnya. Biker awam atau mekanik tepi jalan pasti dapat.

Seperti biker yang tinggal di tepi pantai dengan trek lurus yang datar serta panjang. Bakal menentukan setingan motornya supaya dapat meraih top-peed tinggi. Agar cepat tiba di tujuan. Bakal tidak sama dengan pengendara yang tinggal di daerah pegunungan. Jalanan didominasi tanjakan. Perlu motor dengan seting mesin yang gampang melahap tanjakan yang curam.

Dua ciri-ciri alam yang tidak sama itu perlu seting mesin yang berbeda. Serta yang paling gampang dikerjakan melalui penentuan gir. Tak perlu obok-obok mesin, tetapi power mesin telah dapat digapai.

Seperti yang memiliki Yamaha V-ixion yang tinggal di pegunungan umpamanya. Agar kuat di ajak nanjak dapat disiasati dengan ganti gir belakang dengan ukuran semakin besar. Standarnya V-ixion mempunyai gir belakang 42 mata. Agar tarikan lebih mudah serta kuat nanjak dapat aplikasi punya Scorpio yang 44 mata.

Begitu juga sebaliknya, bila yang memiliki V-ixion tinggal di Pantura umpamanya. Jalanannya lurus serta datar, agar top speed bisa didalam bisa mengaplikasikan gir belakang Yamaha Byson yang cuma 40 mata.

Dalam urusan ganti-ganti gir ini ada arti di buat mudah atau berat. Seperti aplikasi gir belakang besar disebutkan lebih mudah. Sedang penggunaan gir belakang kecil dimaksud dengan arti di buat berat. Dari tempat mana arti ini?

Berat atau mudah yaitu reduksi atau hasil dari perbadingan atau pembagian. Jumlah mata gir belakang dibagi jumlah mata gir depan, perumpamaan di Yamaha V-ixion standard. Gir depan 14 serta gir belakang 42. Lalu gir belakang diganti jadi 40 atau 44.

Yuk dihitung :

  • Gir standard 42 = 42/14 = 3, 0
  • Gir belakang 40 = 40/14 = 2, 86
  • Gir belakang 44 = 44/14 = 3, 14

Nah, dari situ ketahuan. Bila gir akan di buat mudah, aplikasi gir belakang besar. Hasil pembagiannya jadi besar. Dalam penentuan gir mudah serta berat sesungguhnya untuk pengguna motor harian juga ada jalinan dengan pemakain roda. Umpamanya pelek serta ban telah aplikasi semakin besar yang mengakibatkan akselerasi jadi berat, silahkan gunakan gir besar agar tarikan mudah.

Tetapi dalam aplikasi atau penentuan final gir juga butuh tahu banyak hal. Seperti jumlah mata gir, posisi lubang baut di gir dan ukuran rantai yang dipakai. Umpamanya gir untuk rantai 520 tak dapat memakai rantai ukuran 415.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih