Pengertian Dan Fungsi Dioda

By | December 9, 2013

Pengertian Dan Fungsi Dioda – Pengertian & fungsi dioda yaitu komponen elektronika dngn 2 terminal (anoda & katoda) & terbentuk dari 2 type semikonduktor (silikon type N & silikon type P) yg tersambung. Bahan tersebut dapat dialiri arus dengan cara relatif gampang dlm satu arah. Dioda di buat dlm beragam wujud & ukuran dan sangat bermanfaat. Dari pengertian dioda, maka di lambang dioda ada tanda mirip anak panah yg tunjukkan arah aliran arus listrik.

Di awalnya dioda di buat dari komposisi germanium lantaran komposisi tersebut lebih gampang digunakan untuk memurnikan komposisi dasar jika dibanding dngn silikon, tetapi seluruhnya peralatan germanium memiliki kekurangan yakni bakal rusak apabila suhu naik. Sesudah pemurnian silikon meraih tingkat yg diperlukan, peralatan silikon mulai nampak. Saat ini pasaran semikonduktor benar -benar dikuasai oleh silikon.

Dioda tersebut memiliki banyak manfaat dlm dunia elektronika. Dari sekian banyak manfaat dioda, dibawah ini yaitu manfaat dioda yg butuh Anda kenali, diantaranya :

  1. Untuk penyearah arus
  2. Untuk penyetabil tegangan
  3. Untuk indikator
  4. Sbg saklar

Pembagian Fungsi Dioda

Menurut fungsi dioda itu, dioda terbagi dalam :

Dioda Kontak Titik (Point Contact Diode)

Dioda dipergunakan untuk merubah frekuensi tinggi jadi frekuensi rendah. Dioda tersebut tdk mengalirkan arus yg besar & banyak dipergunakan di skema/rangkaian radio & tv. Dioda kontak titik tersebut di buat dari kawat wolfram dngn ujung yg runcing ditempelkan secara kuat di lempengan germanium atau silikon dan ditutup dngn kotak dari kaca. Dioda tersebut cuma bisa mengalirkan arus listrik di arah sebaliknya.

Dioda Hubungan

Dioda hubungan bisa mengalirkan arus listrik yg besar cuma satu arah & tdk bisa mengalirkan arus sebaliknya. Dioda tersebut umumnya dipakai untuk perata arus Power Supply (catu daya atau sumber tegangan/voltage). Dioda tersebut berkapasitas besar yg dinyatakan dngn Amper & memiliki ketahanan pada tegangan/voltage yg dinyatakan dngn Volt. Jadi tiap-tiap silikon yg dibeli pada toko elektronika, memiliki kemampuan ketahanan pada arus & tegangan/voltage yg tidak sama. Sbg perumpamaan yaitu silikon 1 N 4002, ada dua jenis yaitu berkapasitas 1A/50Vdan berkapasitas 1A/100V.

Dioda Zener

Dioda zener disebut pula dioda tegangan/voltage konstan lantaran alat tersebut bisa mengalirkan arus dngn tegangan/voltage yg terus sesuai dngn kemampuan dari dioda zener itu. Dioda zener umum disingkat ZD (zener diode), dioda tersebut umumnya memiliki ketahanan ¬Ĺ Watt. Dioda zener bisa dipergunakan untuk menstabilkan tegangan/voltage yg ada di catu daya (Power Supply) atau sumber tegangan/voltage (DC Volt). Jenis dari dioda zener dibedakan oleh tegangan/voltage pembatasnya. Dioda banyak dipakai sbg pembatas tegangan/voltage.

Dioda Pemancar Sinar (LED)

Dioda tersebut bakal keluarkan sinar apabila di beri tegangan/voltage sebesar 1, 8V dngn arus1, 5 mA. LED dipakai sbg alat peraga (display), dipakai sbg indikator aktif atau tidaknya satu skema/rangkaian elektronik, sbg lampu isyarat & lampu hias.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih