Pengertian Dan Fungsi Induktor

By | December 6, 2013

Pengertian Dan Fungsi Induktor – Pengertian Induktor yaitu komponen elektronika berbentuk kumparan yg terssusun dari lilitan kawat. Induktor adalah salah satu di antara komponen pasif elektronika yg dapat membuahkan medan magnet apabila dialiri arus listrik & sebaliknya bila di beri medan magnet dapat membuahkan listrik. Induktor terhitung juga komponen yg bisa menyimpan muatan listrik.

Berbarengan kapasitor/kondensator induktor bisa berperan sbg skema/rangkaian resonator yg bisa beresonansi di frekuensi khusus. Unit induktansinya dlm pengetahuan elektronika dimaksud henry (h=henry, mh=mili henry, uh=mikro henry, nh=nano henry) dngn notasi penulisan huruf l. Satu induktor disebutkan ideal bila memiliki induktansi, tetapi tanpa resistansi atau kapasitansi, & tdk memboroskan daya.

Menurut kegunaannya Induktor bisa bekerja di :

  1. Frekuensi tinggi di spul antena & osilator
  2. Frekuensi menengah di spul MF
  3. Frekuensi rendah di trafo input, trafo output, spul speaker, trafo tenaga, spul relay & spul penyaring

Induktor terbuat dari lilitan-lilitan kawat tembaga. Adapun beberapa jenis lilitan Induktor yakni :

Lilitan ferit sarang madu

Lilitan sarang madu dililit dngn langkah bersilangan untuk kurangi efek kapasitansi terdistribusi. ini sering digunakan di skema/rangkaian tala di penerima radio di dalam jangka gelombang menengah & gelombang panjang. lantaran konstruksinya, induktansi tinggi dapat dicapai dngn wujud yg kecil.

Lilitan inti toroid

Suatu lilitan sederhana yg dililit dngn wujud silinder membuat medan magnet eksternal dngn kutub utara-selatan. Suatu lilitan toroid dapat di buat dari lilitan silinder dngn menghubungkannya jadi berwujud donat, hingga menjadikan satu kutub utara & selatan. Di lilitan toroid, medan magnet ditahan pada lilitan. Ini menyebabkan lebih sedikit radiasi magnetik dari lilitan, & kekebalan dari medan magnet eksternal.

Adapun manfaat Induktor yaitu dibawah ini :

  1. Tempat terjadinya gaya magnet
  2. Pelipat ganda tegangan
  3. Pembangkit getaran
  4. Penyimpan arus listrik dlm wujud medan magnet
  5. Menahan arus bolak-balik/ac
  6. Melanjutkan/ melepaskan arus searah/dc
  7. Sbg penapis (filter) Sbg penalaan (tuning)

Banyak piranti & komponen elektronika yg di buat dngn mengunakan kumparan induktor salah satunya yaitu relay, speaker, trafo, buzzer, & komponen lain yg berkenaan dngn pemakaian frekuensi & medan magnet.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih