Pengertian Dan Kegunaan Kapasitor

By | December 9, 2013

Pengertian Dan Kegunaan Kapasitor – Pengertian kapasitor/kondensator biasanya ditujukan di komponen elektronika yg dipakai untuk menyimpan muatan arus listrik yg terbagi dalam dua elektroda yg di pisahkan oleh komposisi dielektrik. Tiap-tiap konduktor di sebut keping. Dngn kata lain pengertian kapasitor/kondensator atau dlm Bhs Italia dimaksud kondensator (condensatore) ini yaitu komponen elektronika yg di buat sedemikian rupa sampai bisa menyimpan muatan arus listrik dlm waktu khusus.

Seperti resistor, prinsip kerja kapasitor/kondensator biasanya sama & termasuk ke dlm grup komponen pasif, yakni type komponen yg bekerja tanpa memerlukan arus panjar. Untuk membedakan type atau jenis kapasitor/kondensator dapat dibedakan dari komposisi dielektrik yg digunakan sbg komposisi isolatornya berbentuk kertas, mika, keramik, plastik cairan & lain sebagainya.

Kapasitor/kondensator benar-benar diperlukan dlm suatu skema/rangkaian elektronika lantaran berguna untuk hindari dari loncatan bunga api listrik di skema/rangkaian yg memiliki kandungan kumparan, menaruh muatan listrik dlm skema/rangkaian, memastikan frekuensi di receiver & sbg penyaring di dlm skema/rangkaian power supply.

Terdapat banyak manfaat kapasitor/kondensator, salah satunya yaitu :

  1. Sbg penyimpan arus atau tegangan/voltage listrik.
  2. Sbg isolator atau penahan arus listrik di arus dc.
  3. Sbg konduktor atau melepaskan arus listrik di arus ac.

Manfaat kapasitor/kondensator yg yang lain pada dlm skema/rangkaian elektronika yaitu :

  1. Sbg kopling.
  2. Sbg penggeser fasa.
  3. Sbg filter di satu skema/rangkaian power supply.
  4. Sbg generator frekuensi di skema/rangkaian oscilator.
  5. Untuk hindari percikan bunga api di suatu saklar.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih