Pengertian Dan Kegunaan SCR

By | December 15, 2013

Pengertian Dan Kegunaan SCR – Silicon Controlled Rectifier (SCR) yaitu satu diantara komponen yg serupa dngn transistor lantaran mempunyai tiga buah kaki. Namun kaki di SCR tdk sama dngn kaki yg ada di transistor. Kaki yg ada di SCR terbagi dalam ; A = Anoda, G = Gate, K = Katoda. Jadi jelaslah bahwasanya manfaat SCR tersebut lain dngn transistor.

SCR tersebut mempunyai beragam jenis daya & kemampuan, umpamanya saja SCR yg mempunyai daya & kemampuan sebesar 100 V/2A. Ini berarti SCR itu cuma dapat digunakan tdk lebih dari 2 Ampere maupun sama dngn tidak lebih dari 200 Watt. Manfaat SCR yaitu sbg pengatur daya & juga sbg saklar arus yg automatis.

Dngn karakteristik yg sama tabung thiratron, maka SCR maupun Tyristor (Therystor) tetap termasuk keluarga semikonduktor. Kaki gate (G) yaitu sbg pengendalinya. Sebenarnya SCR terbuat dari komposisi kombinasi P & N. SCR diisi beberapa bahan yg terbagi dalam PNPN (Positif Negatif Positif Negatif) & umumnya dimaksud sbg PNPN Trioda.

Gambar Kegunaan SCR

Dngn berikan arus trigger di susunan P yg dekat dngn Katoda bikin thyristor jadi ON, yaitu dngn bikin kaki gate di thyristor PNPN. Dimaksud pin gate katoda (cathode gate) lantaran letaknya yg dekat dngn katoda.

Dngn berikan arus gate lewat kaki (pin) gate itu sangat mungkin komponen tersebut dipicu jadi ON. Nyatanya dngn berikan arus gate yg makin besar bisa turunkan tegangan/voltage breakover suatu SCR. Di mana tegangan/voltage tersebut yaitu tegangan/voltage minimal yg dibutuhkan SCR untuk jadi ON.

Dibawah ini yaitu Manfaat SCR yg lainnya, salah satunya :

  1. Sbg skema rangkaian saklar (switch control)
  2. Sbg skema rangkaian pengendali (remote control)

Sekian sedikit penjelasan tentang pengertian & kegunaan SCR. Semoga sesudah membaca artikel tersebut Kita tahu & dapat membedakan wujud pada SCR & transistor lantaran mempunyai manfaat yg tidak sama.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih