Pengertian Dan Kegunaan Transformator

By | December 9, 2013

Pengertian Dan Kegunaan Transformator – Pengertian transformator atau seringkali dimaksud trafo yaitu suatu komponen listrik yg merubah & memindahkan arus listrik dari satu skema/rangkaian listrik atau lebih ke skema/rangkaian listrik yang lain dngn tanpa mengubah system frekuensi lewat gandengan magnet & berdasar pada prinsip induksi elektromagnetik. Transformator banyak dipakai secara luas dlm sektor tenaga listrik ataupun elektronika. Dngn pemakaian transformator dlm system catu daya sangat mungkin kita untuk menentukan tegangan/voltage yg sesuai keperluan & ekonomis.

Susunan transformator pada umumnya terbagi dalam suatu inti yg terbuat dari lempeng besi berlapis & dua buah kumparan (koil), yaitu kumparan primer & sekunder. Kumparan terbuat dari kawat tembaga yg umumnya dibelitkan pada seputan kaki transformator. Dari rasio jumlah lilitan di ke-2 kumparan itu bakal memastikan rasio pergantian tegangan/voltage.

Adapun prinsip kerja transformator yaitu sbg berikut. Jika kumparan primer terhubung oleh sumber tegangan/voltage, maka bakal mengalir arus bolak-balik di kumparan itu. Karena kumparan tersebut mempunyai inti, maka arus menyebabkan fluks magnet yg berubah-ubah di intinya. Dngn ada fluks magnet yg berubah-ubah tersebut menyebabkan GGL induksi di kumparan primer.

Sedang manfaat transformator secara umum yaitu :

  1. sbg input impedansi pada sumber & beban,
  2. untuk menghalangi arus searah (DC) dan melanjutkan arus bolak balik (AC),
  3. untuk turunkan atau menambah tegangan/voltage AC.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih