Pengertian Elektronika

By | December 9, 2013

Pengertian Elektronika – Dewasa ini product Elektronika sudah menyentuh hampir semua segi atau bagian kehidupan manusia dari alat-alat rumah tangga, mainan anak-anak, hiburan (rekreasi), pendidikan, administrasi, perdagangan, kedokteran, transportasi hingga di alat-alat perang & penyelidikan ruang angkasa. Sebetulnya, apakah pengertian elektronika tersebut?

Menurut Elektronika Industri, pengertian elektronika yaitu suatu disiplin pengetahuan yg khusus pelajari semua piranti/alat listrik berarus lemah yg pengoperasiannya dngn mengontrol aliran elektron atau partikel-partikel bermuatan listrik dlm satu alat atau system seperti personal pc, peralatan elektronik, semikonduktor, termocouple, & lain lain.

Elektronika tersebut adalah satu diantara cabang pengetahuan dari fisika sedang bentuk, design dan pembuatan sirkuit (electronics circuit) adalah cabang dari tehnik elektro, tehnik pc, dan pengetahuan tehnik elektronika instrumentasi.

Sedang pengertian elektronik yaitu peralatan atau alat yg bekerja menurut system/prinsip kerja elektronika. Kita mengenalnya atau umum dimaksud sbg peralatan elektronik. Misalnya yaitu tabung tv (tabung katoda), tv, radio, handphone, perekam kaset, perekam compact disc, kamera digital, kamera video & lain-lain.

Untuk lebih memantapkan lagi tentang pengertian elektronika, terdapat banyak pengertian dari beberapa pakar yg bisa berikan deskripsi pengertian perihal elektronika, sbg berikut :

  1. Menurut Fitrzgerald, Higginbotham & Grabel, Elektronika yaitu cabang pengetahuan listrik yg berkaitan dengan cara luas dngn alih info memakai tenaga elektromagnetik.
  2. Menurut J. Millman ; Elektronika yaitu pengetahuan & tehnologi mengenai melintasnya partikel bermuatan listrik di dalam satu gas atau satu area hampa, atau satu semikonduktor.
  3. Menurut E. Carol Young ; Elektronika mencakup studi, perancangan & pemakaian perangkat-piranti yg berdasar hantaran listrik di dlm satu area hampa, gas & semikonduktor.
  4. Menurut H. C. Yohannes ; Elektronika adalah pengetahuan yg pelajari sifat-sifat & penggunaan perangkat (“devices” = alat) yg asas kerjanya adalah aliran elektron dlm area hampa atau gas (seperti dlm tabung-tabung radio) & aliran elektron dlm semi penghantar (seperti umpamanya dlm transistor).

Dari definisi-definisi itu di atas pada hakikatnya pengertian elektronika itu yaitu pengetahuan yg pelajari pengendalian & aplikasi gerakan partikel pembawa muatan (elektron) dlm area hampa, gas atau semikonduktor.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih