Pengertian Mesin VVTI Pada Mobil

By | December 28, 2013

Pengertian Mesin VVTI Pada Mobil – Mesin berteknologi VVT-i (Variable Valve Timing with intelligence) mesin VVT-i yaitu mesin berteknologi variable valve timing yang di kembangkan oleh Toyota. VVT-i mengambil alih tehnologi VVT Toyota yang telah mulai diaplikasikan th. 1991 di mesin Toyota 4A-GE 5 silinder. Mesin yang telah digunakan di beberapa besar mobil Toyota ini diklaim bikin mesin makin efektif serta bertenaga, ramah lingkungan dan irit bahan bakar.

VVT-i (kerap disalah artikan dengan injeksi) dapat ditranslate dalam kalimat awam pengaturan cerdas saat buka tutup valve yang variatif. Mesin VVT-i dikenalkan pada th. 1996.

Tinjauan dasar VVT-i yaitu memaksimalkan torsi mesin pada tiap-tiap kecepatan serta keadaan pengemudian yang bikin konsumsi BBM jadi lebih efektif serta turunkan tingkat emisi bahan bakar serendah mungkin.

Itulah penyebab kendaraan bermesin tehnologi VVT-i mampu membuahkan tenaga yang besar sekalipun kemampuan cc slinder mesin kecil.

Langkah kerjanya cukup simpel. Untuk mengkalkulasi saat buka tutup katup (valve timing) yang maksimal, ECU (Electronic Control Unit) sesuaikan dengan kecepatan mesin, volume angin masuk, posisi throttle (akselerator) serta temperatur air. Supaya tujuan valve timing senantiasa tercapai, sensor posisi chamshaft atau crankshaft berikan tanda untuk respon koreksi.

Mudahnya system mesin VVT-i selalu mengoreksi valve timing atau jalur keluar masuk bahan bakar serta angin. Sesuai dengan pijakan pedal gas serta beban yang dijamin untuk membuahkan torsi maksimal di tiap-tiap putaran serta beban mesin.

Adopsi tehnologi mesin VVT-i ke mesin mobil juga berikan keunggulan minimnya cost pemeliharaan yang perlu di tanggung. Karena tune-up seperti setel klep serta lain sebagainya tak dibutuhkan lagi.

Namun demikian, baiknya terus kerjakan service berkala, jauhi sembarangan bengkel, serta pakai oli mesin dengan grade yang diperlukan sama sesuai dengan manual yang dikeluarkan pihak pabrikan mobil. Menentukan sembarang bengkel untuk mobil ini jadi pantangan, pasalnya mesin ini membutuhkan pc diagnosa khusus yang cuma ada dibengkel resminya. Satu hal yang tetap susah untuk dikerjakan yang memiliki mobil sebagian besar di Indonesia yang biasanya memprioritaskan mobil yang serbaguna, handal, terjangkau serta tak susah perawatan serta bengkel saat darurat.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih