Pengertian seputar HDMI (High Definition Multimedia Interface)

By | March 28, 2013

Pengertian seputar HDMI (High Definition Multimedia Interface) – Munculnya banyak smart phone serta tablet PC nan canggih di toko-toko mengakibatkan fitur HDMI menjadi cepat populer dan terkenal. Cukup banyak dari device dari perangkat smart phone dimana telah menyajikan sambungan HDMI. Namun sesungguhnya apa serta seperti apa sosok HDMI ? Sesungguhnya, HDMI (High-Definition Multimedia Interface) merupakan sebuah teknologi industri serta termasuk standar dimana menghubungkan peralatan high-definition (HD) untuk TVHD semacam LCD serta LED TV maupun PC personal ke kamera, camcorder, tablet, Blu-ray player, konsol game serta smart phone. Serta nyaris seluruh device lainnya yang bisa mengirim maupun menerima sinyal High Definition.

Mereka para Pendiri HDMI merupakan produsen elektronika terkemuka sekelas Hitachi, Panasonic Corporation,Philips, Sony,Technicolor,Toshiba, dan Silicon Image. Spesifikasi HDMI sudah dilisensi oleh mereka yang jumlahnya kurang lebih 1.200 perusahaan serta termasuk fitur standar di dalam banyak produk elektronika yang mereka ciptakan.

Kelebihan dari teknologi HDMI yaitu dapat memberikan tampilan gambar sejernih kristal, baik itu pada digital audio maupun video menggunakan kabel/ penghubung tunggal. Teknologi HDMI secara dramatis dapat menyederhanakan kegunaan kabel serta memberikan  dan menyajikan konsumen pengalaman High Definition berkualitas sangat tinggi. HDMI dapat mentransmisikan seluruh standar HDTV ATSC serta mensupport 8 channel, 192 kHz, digital audio terkompresi serta seluruh file format kompresi yang selama ini sudah tersedia tersedia.

Selanjutnya apa sebetulnya keunggulan dari HDMI atas antarmuka video analog layaknya komposit, S-Video serta video komponen?

Jika dilihat secara kualitas dikarenakan HDMI merupakan digital interface, dia memberi mutu terbagus dari video disebabkan hilangnya lossy analog buat konversi digital sebagaimana yang selama ini dibutuhkan buat seluruh sambungan analog (semacam komponen maupun S-video). Bedanya kelihatan pada resolusi yang lebih tinggi misalnya pada 1080p. Video digital dapat tampil jauh lebih tajam serta jernih dan meminimalkan cahaya yang berlebih dibanding dengan system analog.

Sebagain kemudahan untuk proses pemakaian, HDMI menggabungkan audio video serta multi-channel ke pada kabel tunggal,. meniadakan kompleksitas untuk sejumlah kabel sebagaimana yang biasa dipakai di dalam A/V system.

HDMI pun mensupport komunikasi 2 arah antara sumber video (layaknya pemutar DVD) serta DTV, memungkinkan kegunaan baru semacam konfigurasi otomatis serta one touch play. Oleh karena itu, dengan memakai HDMI, device  akan secara otomatis memberi formatting yang sangat efektif (contohnya 480p versus 720p, 16:9 versus 4:3).

HDMI pun mensupport HDCP yang mempunyai proses akses ke konten HD premium. Serta HDMI pun termasuk device dimana mensupport HD Content-Ready.

Dibawah ini adalah beberapa contoh versi dari HDMI :

 HDMI 1.1:

  • Support buat Sound DIGITAL VIDEO DISC (DVD).

HDMI 1.2:

  • Jika dilihat secara spesifik, fitur serta modifikasi buat HDMI 1.2 meliputi: Suport buat file format One Bit Audio, semacam Super Audio CD DS

HDMI 1.3:

  • Higher Speed: HDMI 1.3 menaikkan single bandwith sampai dengan 340 Megahertz (10,2 Gbps) buat mensupport device HD masa depan, seperti resolusi yang bertambah besar, kedalaman warna serta frame speed yang lebih tinggi.
  • Kedalaman warna: HDMI 1.3 mensupport kedalaman warna 10-bit, 12-bit serta 16-bit (RGB maupun YCbCr), naik dari 8 bit yang disupport versi sebelumnya.
  • New Mini konektor: Dengan menggunakan devide/perangkat portable mini semacam camcorder HD serta kamera masih menuntut konektivitas tanpa batas ke HDTV, HDMI 1.3 mendukung gaya baru yang tentunya lebih kecil dan menimalis.
  • New HD lossless format audio: Selain kemampuan HDMI buat mensupport digital audio terkompresi serta file format semacam Dolby® Digital serta DTS®, HDMI 1.3 menambahkan didalamnya suport ekstra buat kompresi format audio digital Dolby TrueHD serta DTS-HD Master Audio™.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih