Penyebab Serta Cara Mengatasi Honda Vario Mati Mendadak

By | August 30, 2013

Penyebab Serta Cara Mengatasi Honda Vario Mati Mendadak – Bagi anda pengguna Honda Vario, barangkali dulu pernah mengalami problem yang amat bikin anda kesal yakni mesin mati dengan mendadak. Barangkali anda juga belum terlampau mengerti apa sesungguhnya yang mengakibatkan Honda Vario tersebut kerap mati mendadak. Oleh dikarenakan itu didalam postingan saat ini corelita.com hendak coba sharing info buat kamu pengguna Honda Vario tentang penyebab serta langkah menangani Honda Vario mati mendadak, dibawah ini adalah info lengkapnya.

Mati mendadak pada vario dikarenakan kehilangan kompresi. Ada dua pemicu. Yang pertama dikarenakan kekeliruan waktu lakukan penyetelan jarak kerenggangan klep. Kompresi pada Honda Vario tergolong tinggi, sampai dengan 10,7 :1. Kompresi tinggi membuahkan suhu tinggi di area bakar. Bila terlampau tinggi, klep serta pelatuk ( Rocker Arm ) dapat memuai.

Waktu memuai, pelatuk selalu mendorong klep hingga kompresi bocor. Maka dari itu saat di selah dapat merasa ngelos. Ini dikarenakan tak ada kompresi. Waktu mesin dingin, jarak kerenggangan klep dapat kembali normal serta dapat dihidupkan lagi.

Tidak heran apabila sebetulnya honda merekomendasikan kerenggangan klep yang cukup renggang untuk vario. Dipatok 0, 16 mm untuk klep masuk serta 0, 25 mm untuk klep buang. Bandingkan dengan honda beat yang kompresinya lebih rendah, cuma 9, 2 :1. Kerenggangan klepnya dapat lebih rapat, sampai 0, 14 mm untuk klep masuk dan buang.

Supaya presisi, lakukan setel klep wajib memakai alat ukur bernama filler. Lempengan plat tidak tebal ini jadi patokan kerenggangan pada klep serta pelatuk klep.

Lantas, pemicu ke-2 yaitu disebabkan tumpukan karbon di area bakar. Karbon ( kerak diruang bakar ) kerap mengganjal klep hingga klep terus terbuka serta kehilangan kompresi. Demikian distarter lagi, karbonnya rontok serta dapat hidup kembali. Bila yang ini mesti dibersihkan dengan berkala.

Umumnya di bengkel umum atau jaringan bengkel resmi Honda tawarkan service besar yang di antara itemnya yaitu melakukan pembersihan di area bakar. Berarti, asal perawatannya benar, enggak dapat mati mendadak.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih