Peradaban Romawi Kuno

By | December 30, 2013

Peradaban Romawi Kuno – Peradaban Romawi banyak memperoleh dampak peradaban Yunani Kuno. Di bagian seni, sastra, filsafat, serta budaya bangsa Romawi banyak belajar dari Yunani. Pertemuan bangsa-bangsa ini berlangsung di Laut Tengah baik dalam saat damai ataupun perang atau dalam system imperium. Hal semacam ini mengakibatkan terjadinya pertukaran budaya, peradaban yang satu merubah peradaban yang lain serta sebaliknya.

Peradaban Romawi adalah satu diantara penyumbang munculnya peradaban baru di lokasi ini serta tidak cuma menghiasi peradaban lama tetapi punya pengaruh juga pada kebudayaan kontemporer Eropa. Hukum, bhs serta system pemerintahan Roma tidak cuma merubah peradaban zaman pertengahan juga Eropa zaman saat ini.

Dengan cara garis besar histori Romawi dibagi dua, yaitu

  1. zaman Republik saat Roma tumbuh dari negara kota kecil jadi republik yang luas, serta.
  2. zaman imperium yakni zaman berkuasanya monarki konstitusional.

Saat sebelum masuk ke-2 zaman itu, Italia (area kota Roma berdiri) dimasuki beragam bangsa dari utara, timur serta selatan.

Letak Geografis

Lokasi pusat Romawi yaitu Jazirah Italia yang strategis yang berhadapan dengan Laut Tengah. Posisi ini mempermudah Roma meningkatkan jalinan dagang dengan bangsa-bangsa yang berbatasan dengan Laut Tengah. Pegunungan Alpen yang membentang di utara jadi pelindung untuk munculnya serangan dari luar. Pegunungan Apenina yang membentang dari utara ke selatan jadi pemersatu semua jazirah. Keuntungan geografis ini ditunjang oleh iklim yang nyaman serta tanah yang subur.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih