Peranan Safety Belt Dalam Berkendara Mobil

By | January 10, 2014

Peranan Safety Belt Dalam Berkendara Mobil – Safety belt atau sabuk pengaman tidaklah secanggih tehnologi sensor rem automatis atau sepintar Active Park Assist. Meski ada tehnologi yang memperingatkan pengemudi untuk memakai sabuk keselamatan, alat ini tetaplah dioperasikan dengan cara manual. Walau demikian janganlah meremehkan peranti yang satu ini, lantaran ia bertindak vital pada keselamatan pengemudi saat berlangsung benturan.

Di Indonesia berkendara dengan memakai sabuk keselamatan tetap belum jadi rutinitas. Karenanya Indonesia Defensive Driving Center (IDDC) merekomendasikan pengendara selalu untuk menggunakan sabuk pengaman.

Terlebih penggunaan safety belt yaitu satu keharusan untuk pengemudi serta penumpang saat sebelum kendaraan bergerak, sebagaimana tertuang dalam UULAJ No. 22/2009.

Safety belt bisa membuat perlindungan penggunanya dari cedera yang lebih kronis dalam satu kecelakaan. Diluar itu safety belt berperan menahan badan hingga tak menumbuk setir, dashboard, terlontar keluar melewati kaca depan, atau terlempar keluar dari pintu atau kaca samping waktu kecelakaan.

Keuntungan lain, terus melindungi posisi mengemudi yang benar waktu menghindar/berhenti mendadak juga ditabrak oleh kendaraan lain.

Seatbelt mesti betul-betul dipakai, di tulang pinggul serta tulang bahu. Dikarenakan ini yaitu tulang yang kokoh. Waktu kecelakaan, safety belt yang terpelintir bakal jadi parah cedera

 “Jadi manfaatkanlah sabuk keselamatan untuk pengemudi serta semua penumpang saat sebelum kendaraan bergerak lantaran kita ketahui gunanya, bukan hanya lantaran aturan, ” tambah IDDC.

Airbags (SRS) serta Head Restraint

Tetapi butuh dimengerti, safety belt cuma berikan perlindungan pada kecelakaan kecil. Pada kecelakaan dengan kecepatan yang lebih tinggi, penumpang tetap bakal terbentur pada kemudi atau dashboard.

Airbags yaitu Supplementary or Secondary Restraint Systems yang bersama-sama dengan seatbelt kurangi cedera yang kronis. Tanpa airbag pada kecelakaan yang fatal bisa menyebabkan cedera yang lebih parah

Airbag serta seatbelt bekerja berbarengan untuk meminimalkan benturan. Kehadiran airbag bukan hanya bermakna bisa mengemudi tanpa memakai seat belt. Lantaran apabila mengemudi tanpa seatbelt pada kendaraan dengan airbag, Anda bakal tertampar langsung waktu airbag mengembang.

Kapan airbag mulai bekerja serta menyelamatkan pengendara? Kurang dari satu detik, airbag bakal mulai mengembang disebabkan benturan, mengembang sempurna, membuat perlindungan pengemudi dari benturan serta mulai mengempis, dan kecepatan mengembang lebih kurang 230 km/jam.

Lalu bagaimana dngn Head Restraint? Ini juga butuh di perhatikan, tdk bisa dianggap remeh. Ketinggian Head restraint mesti cukup untuk menahan sisi belakang kepala.

Umumnya pengemudi, memiliki asumsi yang salah, yakni jika kendaraan di depannya mengerem serta berhenti mendadak, maka dia akan mengerem serta berhenti pada jarak yang sama juga. Waktu persepsi serta saat reaksi manusia dikategorikan untuk Waktu Reaksi Manusia butuh waktu satu detik.

Saat reaksi kendaraan serta kekuatan rem kendaraan dikategorikan dlm Waktu Reaksi Mekanikal yang memerlukan waktu 1 detik. Jadi keseluruhan waktu reaksi yang dibutuhkan paling tdk dua detik, ditambah satu detik (safety factor) jadi 3 detik keseluruhan waktu reaksi.

Jarak Aman

Safe Driving Rule menyampaikan bahwasanya pengemudi mesti pelihara jarak aman saat mengikuti dngn kendaraan di depannya. Jarak mengikuti yang aman (Safe Following Distance) diputuskan dngn rumus 3 detik, dimana pengemudi mesti pelihara jarak pada kendaraannya dngn kendaraan yang di depannya sejauh hitungan 3 detik.

Waktu keadaan cuaca serta jalan yang kurang ideal, ditambah hitungan jadi kira-kira 3 sampai 6 detik (atau sesuai dngn keadaan).

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih