Perbandingann Nissan Grand Livina Dengan Suzuki Ertiga

By | December 6, 2013

Perbandingann Nissan Grand Livina Dengan Suzuki Ertiga – Mobil ini sesungguhnya paling banyak kemiripannya. Terlebih untuk mobil sekelasnya baik Nissan Grand Livina serta Suzuki Ertiga keduanya sama mempunyai mesin berpenggerak roda depan, sasis monokok serta kursi baris paling akhir yang bisa dilipat rata lantai. Serupa kan? Tetapi di antara ke-2 mobil ini manakah yang paling baik?

Desain

Secara dimensi mobil ini sesungguhnya mirip-mirip, tetapi secara design jauh tidak sama. Suzuki Ertiga memakai garis design yang baru dibanding semua pesaingnya, design type depan yang agresif serta lebih sporty mengisyaratkan ini bukan hanya mobil keluarga biasa. Tetapi saat kita lihat ke eksterior belakang bakal berlangsung sebaliknya. Kita bakal temukan bodi belakang seperti layaknyna suatu SUV memiliki ukuran besar. Ini lantaran rancangan design kaca belakang serta pintu belakang yang terlampau tegak. Overall mobil ini tampak benar-benar baik dari beragam sudut.

Nissan Grand Livina barangkali telah tampak membosankan. Dari peluncurannya di th. 2007 atau kira-kira lebih 6 th. di pasarkan di Indonesia, mobil ini sekalipun belum memperoleh ubahan eksterior yang artinya. Di th. 2011 kemarin Nissan Grand Livina memperoleh ubahan minor change dalam wujud Grille depan, Velg serta warna interior baru yang menghitam. Tetapi di rasa gantian itu kurang greget serta tetap tampak menjemukan.

Yang menarik dari Nissan Grand Livina, Nissan bikin garis design menawan yang dapat menyembunyikan ukuran badan asli Nissan Grand Livina. Cobalah bandingkan pada keduanya, pasti Nissan Grand Livina tampak lebih kecil dan Suzuki Ertiga tampak benar-benar besar. Walau sebenarnya saat disandingkan keduanya tampak sama panjang, lebar serta tinggi.

Mesin

Suzuki Ertiga serta Nissan Grand Livina dibekali mesin yang terpaut perbedaan sebesar 100 cc. Bila Suzuki bermain di level mesin 1. 400 cc, Nissan bermain di level 1. 500 cc. Saat sebelum kita lanjut mari kita tengok tehnologi serta spesifikasinya.

Suzuki Ertiga dibekali dengan mesin 1. 373 cc, DOHC, 4 silinder segaris dengan tehnologi VVT (Variable Valve Timing). System pembakaran elektronik yang dinamakan Multi Point Injection, membuahkan tenaga maksimum sebesar 95 PS pada 6. 000 rpm serta torsi maksimum 130 Nm pada 4. 000 rpm. Performa mobil ini dirasakan mengagumkan walau cuma bertenaga 95 Ps. Sedang untuk urusan irit-iritan bahan bakar tak perlu di tanya lagi.

Nissan Grand Livina mempunyai mesin yang lebih bertenaga lantaran jumlah cc-nya yang semakin besar. Mobil ini dibekali dengan mesin 1. 498 cc 4 silinder segaris DOHC dengan tehnologi CVTC, tehnologi CVTC lebih kurang sama seperti VVT Suzuki. System pembakaran elektronik yang diberi nama ECCS oleh Nissan dapat membuahkan tenaga sampai 109 Ps pada 6. 000 rpm serta torsi optimal sebesar 148 Nm pada 4. 400 rpm. Urusan tenaga mesin, Nissan Grand Livina lebih unggul dibanding dengan Suzuki Ertiga.

Tetapi masalah irit-iritan Suzuki Ertiga dapat menempuh 13 km/liter untuk dalam kota serta Nissan Grand Livina pada 12. 8 km/liter. Suzuki Ertiga cuma tidak sama 0. 2 km/liter lebih hemat dibanding Nissan Grand Livina. Kelihatannya untuk persoalan ini benar-benar tipis perbedaan di antara keduanya.

Akomodasi

Suzuki Ertiga serta Nissan Grand Livina keduanya sama dapat menyimpan 7 penumpang sekaligus dalam satu perjalanan. Baik kursi depan serta tengah keduanya mirip-mirip untuk persoalan kelegaan.

Tetapi untuk persoalan kursi belakang, Nissan Grand Livina tambah baik dibanding Suzuki Ertiga. buat anda yang mempunyai tinggi tubuh kian lebih 165 cm, kepala anda pasti terbentur dengan plafon Suzuki Ertiga, sedang untuk Nissan Grand Livina, buat anda yang mempunyai tinggi kian lebih 170 cm juga tak lagi alami hal itu.

Untuk persoalan bagasi belakang mobil ini mirip-mirip. Tetapi saat kursi belakang ditegakan, Suzuki Ertiga sedikit lebih luas dibanding dengan Nissan Grand Livina. Untuk pengoperasian pelipatan kursi belakang, terasa Nissan Grand Livina lebih mudah baik untuk dilipat serta ditidurkan di banding dengan Suzuki Ertiga. Untuk persoalan akomodasi, Nissan Grand Livina nyatanya tambah baik dibanding Suzuki Ertiga meskipun eksteriornya tampak lebih kecil.

Interior

Ke-2 mobil ini mempunyai interior yang mirip-mirip. Tetapi pada pengetesan saat ini terasa tak adil lantaran mobil yang kami pinjam mempunyai jenis yang jauh berbeda. Suzuki Ertiga yang kami pakai yaitu Suzuki Ertiga double blower jenis GL ( di bawah jenis paling atas GX). Sedang Nissan Grand Livina yang kami pakai untuk pengetesan adalah jenis paling tinggi High Way Star.

Kita pikirkan saja bahwasanya Suzuki Ertiga yang kami pakai untuk pengetesan adalah Jenis GX. Suzuki Ertiga dilengkapi dengan interior memiliki nuansa mewah, juga lebih mewah dibanding dengan Nissan Grand Livina walau tanpa panel kayu. Dimulai dari design head unit, design speedometer, sampai door trim, mobil ini tawarkan suatu hal yang baru serta nikmat dilihat mata. Terlebih mobil ini dapat dilengkapi dengan Steering Switch Control (pada jenis GX).

Nissan Grand Livina juga tidak ingin kalah dengan Suzuki Ertiga. Walau tak dilengkapi dengan Steering Switch Control di seluruh jenis mereka. Sebaga ubahnya Nissan berikan Grand Livina Mounted DVD player dengan monitor 10 inchi di bagian tengah kendaraan ( seluruh jenis kecuali S) serta audio dengan koneksi bluetooth ( untuk jenis HWS) untuk keluarga anda. Disayangkan pada jenis teranyar ini Nissan Grand Livina memakai warna interior hitam pekat, menurut kami warna beige pada jenis saat sebelum facelift tampak lebih ceria.

Kenyamanan

Buat anda yang umum memakai Nissan Grand Livina pastinya anda tak perlu menyangsikan lagi kenyamanannya. Mobil ini di kenal mempunyai pengendalian yang mantap serta suspensi yang benar-benar lembut, untuk urusan kekedapan suara mobil ini dapat juga dapat acungan jempol. Tetapi sayangnya mobil ini belum dilengkapi dengan AC double blower sebagai feature wajib di tiap-tiap mobil keluarga Indonesia. Nissan mengakali hal itu dengan berikan kisi-kisi ac pada konsol tengah seperti suatu sedan mewah, tetapi ini tetap di rasa kurang untuk menjangkau penumpang belakang

Suzuki Ertiga memanglah tak dapat berikan kenyamanan seperti seperti mobil sedan seperti Nissan Grand Livina, dimulai dari suspensi serta kekedapan nada tetap satu level dibawahnya. Tetapi Suzuki Ertiga telah dilengkapi dengan AC double blower yang menjangkau sampai kursi baris belakang.

Nilai lebih untuk kenyamanan Nissan Grand Livina, Nissan berikan pilihan transmisi automatis 4 percepatan pada Grand Livina. Sedang Ertiga cuma mempunyai pilihan transmisi manual 5 percepatan saja.

Harga

Suzuki Ertiga di bandrol dengan harga mulai 146 juta rupiah, Sedang Nissan Grand Livina paling standard mempunyai banderol harga di 165 juta rupiah. Pilihan jenis yang bisa disandingkan pada keduanya ada pada Suzuki Ertiga GL double blower di harga 160. 8 juta Rupiah serta Nissan Grand Livina SV diharga 178 juta Rupiah.

Perbedaannya cukup jauh sejumlah 18 juta, terlebih Grand Livina SV tetap lebih mahal 6 juta Rupiah dibanding dengan Suzuki Ertiga GX double blower sekalipun. Nah, buat anda yang mendambakan suatu mobil bertransmisi automatic, kelihatannya Nissan Grand Livina SV Automatic di harga 188 juta Rupiah layak jadi pilihan. FYI versi Nissan Grand Livina termahal yakni HWS 1. 800 cc Automatic di bandrol dengan harga 248 juta loh!

Kesimpulan

Nissan Grand Livina perlu diakui mempunyai banyak kelebihan di beragam segi. Tetapi terpaut harga yang tambah lebih mahal dibanding dengan Suzuki Ertiga, terasa Suzuki Ertiga telah cukup bergigi untuk jadikan pilihan tak hanya Nissan Grand Livina. Pantaslah bila Suzuki Ertiga dijuluki Nissan Grand Livina killer lantaran mempunyai banyak kelebihan di segmen ini.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih