Perbedaan antara Sarang Ketupat Lebaran dengan Ketupat Pulut

By | April 3, 2014

Ketupat Lebaran yaitu ketupat yg di isi dngn beras tertentu untuk lontong & dihidangkan dngn bermacam masakan lebaran. Ketupat Pulut yaitu ketupat yg memakai komposisi dasar beras ketan putih yg dimakan bersama-sama dngn rendang, dan ketupat Pulut adalah masakan khas Medan.

Bentuk sarang ketupat lebaran tidak sama dngn ketupat pulut. Seperti yg tampak pada gambar diatas, ketupat pulut memiliki bentuk pipih, persegi panjang & kecil ukuran lebar janurnya. Sedang ketupat lebaran, memiliki bentuk agak kotak, gendut, & besar ukuran lebar janurnya.

Barangkali ada yg doyan dngn sate Padang yg di jual di jalan-jalan? Sempat perhatikan bentuk sarang ketupatnya? Nah, seperti tersebut bentuk sarang ketupat pulut.

Sarang ketupat pulut tersebut memanglah tdk ada di jual di pasaran. Anda mesti membuatnya sendiri dirumah. Alhasil, tempo hari itu saya diminta untuk mempelajari & membuat sarangnya. Pada akhirnya dapat juga, karena langkah membuatnya tidak sama dngn ketupat lebaran yg dahulu sempat saya tekuni juga : D.

Ketupat pulut tersebut memiliki cita rasa yg tinggi, berlemak, gurih dan asin yg datang dari santannya. Disantap dngn rendang, hmm.. nikmat sekali ;). Tanpa rendang juga tetap saja enak ko’ buat di-cemil : D.

Untuk yg hendak tahu resep bagaimana membuat ketupat pulut, silakan baca resep masakan Ketupat Pulut. Selamat coba!!