Sejarah Perkembangan Komputer

By | December 29, 2013

Sejarah Perkembangan Komputer – Berdasar sebagian sumber penemu pc yg pertama kali yaitu seseorang yg bernama Charles Babbage. Dia yaitu salah seseorang yg benar-benar punya pengaruh pada perubahan pc. Bermula dari penemuannya berbentuk mesin kalkulasi yg menjadi cikal akan hadirnya pc sampai seperti sekarang ini.

Sejarah Perkembangan Komputer

Penemuan Charles Babbage itu berbentuk mesin penghitung yg di kenal dngn nama Difference Engine no. 1. Penemuan Babbage tersebut yaitu penemuan fenomenal pada saat itu yg berikan dampak besar pada perubahan pc nantinya. Difference Engine no. 1 tersebut yaitu kalkulator automatis pertama yg jadikan seseorang Charles Babbage dinobatkan sbg penemu pc & memperoleh julukan bapak komputer.

Th. 1822 : ilmuan bernama Charles Babbage mengungkap idenya bikin alat yg mempunyai kekuatan untuk mengkalkulasi pada tingkat kompleksitas yg tinggi & rumit. Peninggalanya itu saat ini tetap dapat dijumpai di Museum of Science London.

Th. 1937 : Dr. John V Atanasoff & Clifford Berry di th. itu mulai bikin suatu design pc digital elektronik perdana. Alat itu lalu dinamakan ABC (Atanasoff-Berry Computer). Pc ABC itu mempunyai kekuatan terbatas yakni cuma mengkalkulasi menambahkan & pengurangan.

Th. 1943 : Th. itu adalah saat Perang Dunia 2 & seseorang ilmuwan kebangsaan Inggris Alan Turing bikin design pc elektronik yg dirancang untuk kepentingan militer Inggris. Sbg pc militer, alat itu ditujukan agar bisa menembus kode pertahanan Jerman.

Th. 1944 : Howard Hathaway Aiken seorang berkebangsaan Amerika bikin suatu pc dinamai Mark I. Pc tersebut yaitu pc dngn kekuatan kalkulasi digital pertama. Tetapi janganlah heran lihat ukuranya yg super besar yakni dngn luas 7, 45 kaki x 50 kaki & mempunyai bobot seputar 35 ton. Kelebihan dari Mark I yakni kemampuanya yg telah mensupport untuk dipakai mengkalkulasi probabilitas.

Th. 1945 : Dr. John von Neumann menulis suatu inspirasi trobosan perihal penyimpanan data pada pc yg pada waktu itu masih berupa inspirasi saja.

Th. 1946 : Dr. John W. Mauchly & J. Presper Eckert, jr. mereka mulai bikin pc berskala besar pertama. Pc itu dinamakan ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer). Lantaran penemuanya yg benar-benar fenomenal itu dunia juga berasumsi bahwasanya ke-2 orang tersebut sbg penemu pc digital. Ukuran ENIAC pc tdk berbeda jauh dngn Mark I ukuranya lebar 30 kaki x 50 kaki & mempunyai berat 30 ton dan terbagi dalam 18. 000 lampu tabung (transistor ukuran besar).

Untuk menghidupkanya membutuhkan tenaga listrik sebesar 160. 000 watt. Saat dioperasikan untuk pertama kalinya semua jaringan listrik di lokasi Philadelphia mendadak mati. ENIAC pc sedikit semakin maju dari Mark I yg cuma bisa mengkalkulasi. Kelebihan ENIAC pc tdk cuma mempunyai kekuatan mengkalkulasi, tambah, kurang, kali, bagi, tetapi pc tersebut telah bisa diprogram untuk menggerakkan sistem sederhana.

Th. 1951 : The U. S. Bureau of Cencus menginstalasi pc komersial perdana dngn nama UNIVAC I (Universal Automatic Computer). Pc tersebut di kembangkan oleh Mauchly & Eckert untuk Remington-Rand Corporation.

Th. 1947 : William Shockley, John Bardeen, & Walter Brattain adalah tokoh-tokoh penting dlm histori perubahan pc & mereka yaitu penemu Transistor pertama didunia. Lantaran penemuan transistor itu ukuran pc jadi makin kecil seperti saat ini.

Waktu sekarang pc sudah alami perubahan cepat & dapat di temui di mana saja. Dimulai dari kantor, sekolah, perusahaan, & sehari-harinya kita. Juga saat ini ponsel pandai & tablet yg kita pakai adalah perubahan dari pc yg makin hari makin efektif & mutakhir.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih