Skema rangkaian Saklar Otomatis Lampu Taman Jalan

By | December 10, 2013

Skema/rangkaian Saklar Otomatis Lampu Taman Jalan – Skema/rangkaian Saklar Otomatis Lampu Taman Jalan tersebut berfungsi dengan cara automatis menyalakan lampu taman maupun lampu jalan bila malam hari & dengan cara automatis mematikan lampu bila matahari sudah terbit (siang hari).

Komponen yg dipakai sbg sensor di skema/rangkaian tersebut yaitu LDR, di mana manfaat LDR yakni resistor/hambatan dengan ukuran tersebut bakal beralih nilai resistasinya jika ada pergantian sinar yg mengenainya. Resistor 7 di skema/rangkaian berperan untuk mengatur kepekaan LDR. Kita bisa mengatur Resistor 7 dngn memutar & sesuaikan keadaan sinar di sekitarnya. Sedang Relay adalah saklar yg bakal menghubung & memutus aliran listrik yg menuju lampu. Skemanya ada pada gambar dibawah ini :

Daftar Komponen :

LDR memiliki tipe atau berukuran light dependent resistor

Resistor 1 memiliki tipe atau berukuran 4, 7 K

Resistor 2 memiliki tipe atau berukuran 1, 2 K

Resistor 3 memiliki tipe atau berukuran 2, 2 K

Resistor 4 memiliki tipe atau berukuran 1, 2 K

Resistor 5 memiliki tipe atau berukuran 1, 2 K

Resistor 6 memiliki tipe atau berukuran 2, 7 K

Resistor 7 memiliki tipe atau berukuran VR 100 K

Capasitor 1 memiliki tipe atau berukuran 10 ╬╝f/16V

TR1 memiliki tipe atau berukuran BC107-BC108 NPN (CV7644)

TR2 memiliki tipe atau berukuran BC107-BC108 NPN (CV7644)

TR3 memiliki tipe atau berukuran BC557-BC558-BC327 PNP

D1 memiliki tipe atau berukuran 1N4148 Diode

RELAY memiliki tipe atau berukuran 12V relay

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih