Skema Rangkaian UPS Untuk Komputer

By | September 6, 2013

Skema Rangkaian UPS Untuk Komputer – Sejumlah sistem UPS yang memiliki daya rendah  di pasaran tidak mempunyai sarana untuk mematikan komputer sebelum saat mereka mati dengan otomatis dikarenakan baterai lemah. Sebagian dari mereka mempunyai sarana namun mereka membutuhkan perangkat lunak yang sama. Disini corelita.com hendak sharing skema ‘add-on’ buat UPS yang dapat Hybernate komputer dengan otomatis sebelum saat UPS mati dikarenakan tegangan baterai rendah. Perihal ini tidak membutuhkan perangkat lunak.

Cara membuat rangkaian UPS untuk komputer

Skema UPS untuk komputer ini terdiri dari komparator IC 741 ( IC1 ) diikuti oleh generator pulsa positif durasi pendek memakai 14-tahap riak-membawa biner counter / pembagi serta osilator IC2. Umumnya, tegangan pada non-pembalik ( positif ) terminal input dari IC1 tinggi dibanding dengan pembalik ( negatif ) input, hingga output dari komparator tinggi. Ini output tinggi dari IC1 dipakai untuk me-reset IC CD4060 ( ic2 ), yang disebut kontra riak-14 tahap.

Pada rangkaian ups untuk komputer ini, dikarenakan tegangan baterai jalan dibawah 9. 5v, tegangan di pin 3 dari IC1 menyusut dibawah 3.3v serta keluaran dari komparator pada pin 6 pergi rendah untuk menerangi Led1, menampilkan pada user bahwa komputer dapat Hybernate dalam kurun waktu spesifik ( lebih kurang 3 menit ). Dibawah ini Corelita.com berikan tampilan skema rangkaian UPS untuk komputer.

Gambar skema rangkaian UPS untuk komputer

Tingkat voltase rendah pada pin 12 dari IC2 sangat mungkin untuk berosilasi serta counter mulai mengkalkulasi, membuahkan output yang tinggi pada pin 1 sesudah 3 menit. Ini output tinggi dipakai untuk api SCR1, yang berikan daya RL1 estafet. Relay dapat de-energi cuma saat catu daya untuk rangkaian dimatikan dengan manual melewati S1.

Rangkaian ini dirakit pada pcb kecil serta tersambung pada terminal baterai ups. Voltase rangkaian diatur diatas cut-off tegangan UPS. ( bila cut-off volatge dari ups yaitu 9, 5 volt, maka tingkat tegangan hybernation diatur pada 10 volt. ) rangkaian UPS buat komputer ini ditempatkan didalam kabinet UPS. Saklar S1 serta Led1 ada di panel depan kabinet.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih