Tentang Fragmentasi Serta Defragmentasi Hardisk

By | April 11, 2013

Tentang Fragmentasi Serta Defragmentasi Hardisk – Pada mulanya seluruh file-file ditulis di dalam sebuah hardisk pada posisi yg tersusun rapi dan saling berdekatan, tdk ada free space (ruang kosong) diantara file-file itu. Seiring dgn jalannya waktu, tdk sekedar file-file baru saja yg selalu memenuhi hardisk, namun timbul pula perubahan di dalam file-file lama, menjadi meningkat, berkurang bahkan terdelete.

Dampak dari kegiatan itu mengakibatkan sebuah situasi dimana peletakan file-file tdk tersusun teratur lagi, dimana hampir sering terdapat ruang kosong disebabkan info yg terdelete serta peletakan potongan data baru yg tdk beraturan pula. Situasi tersebut yg mengakibatkan ruang penyimpanan di dalam hardisk dipakai secara tdk efisien serta dapat mengurangi kapasitas penyimpanan. inilah yg lumrah dianggap dgn istilah “fragmentasi di dalam hardisk”.

Fragmentasi dalam hardisk termasuk kondisi normal serta tdk bisa dihindari. Namun dampak dari fragmentasi hardisk tersebut dapat mengakibatkan pc berjalan amat lambat disebabkan ada waktu tambahan guna “mencari-cari” letak sejumlah potongan data yg tertebar secara tdk beraturan itu.

Bagaimana teknik mengatasi Fragmentasi Hardisk :

Buat mengatasi fragmentasi hardisk itu, yg perlu anda perbuat pastinya yaitu menyusun ulang lagi file-file yg tersimpan secara tdk beraturan itu yg diistilahkan dgn “defragmentasi hardisk”. Ilustrasi simpel mengenai fragmentasi serta defragmentasi di dalam hardisk bisa diamati di dalam gambar berikut:

Sebagaimana terlihat di dalam gambar, pada mulanya data tersusun secara rapih, lalu sesudah datang penambahan di data perdana lalu bakal timbul fragmentasi hardisk. Dgn menjalankan defragmentasi maka file-file pada hardisk balik tersusun secara rapih.

Untuk melakukan defragmentasi hardisk itu anda dapat memanfaatkan Tool bawaan microsoft windows maupun memanfaatkan sejumlah aplikasi pihak ketiga sebagaimana defragler serta mydefrag.

Berikut teknik buat menjalankan apliaksi defrag hardisk dgn tool bawaaan di dalam microsoft windows 7:

  1. Pilih Start — All Program — Accessories — System Tools — Disk Defragmenter.
  2. Pilih Analyze buat mengetahui seberapa banayk persentase fragmentasi di dalam hardisk
  3. Pilih Defragment Disk buat memulai men-defrag hardisk.
  4. Jika dibutuhkan anda pun dapat menjadwalkan defragmentasi hardisk dgn memilih tombol Configure schedule.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih