Tentang Pengertian Serta Manfaat Transistor

By | September 6, 2013

Tentang Pengertian Serta Manfaat Transistor – Pada postingan saat ini corelita.com bakal mencoba mengulas perihal pengertian serta manfaat transistor. Transistor yaitu komponen elektronika yang memegang fungsi vital. Guna mengenalnya diperlukan banyak ilmu dasar elektronika. Transistor banyak diperlukan atau nyaris seluruh rangkaian elektronika memerlukannya. Walau pada rangkaiian elektronika itu ada ic, tetapi transistor tidak dapat ditinggalkan. Contohnya pada pesawat penerima radio transistor, pesawat pemancar, serta lain sebagainya, seluruhnya perlu transistor.

Untuk meringankan dalam memperlajari pengertian serta manfaat transistor yaitu bahwa transistor tersebut dibuat dan diproduksi menggunakan 2 buah dioda germanium di mana di antara germanium mempunyai muatan positif ( p ) serta germanium yang lain mempunyai muatan negatif ( n ). Germanium type p ( positif ) mempunyai jumlah elektron yang amat sedikit. Dari germanium yang memiliki muatan positif serta negatif itu dipadukan. Bila germanium p dikombinasi dengan germanium n lantas dikombinasi lagi dengan germanium p, maka terjadilah transistor type pnp. Sebaliknya bila germanium n dikombinasi dengan germanium p lantas dikombinasi lagi dengan germanium n, maka terjadilah transistor type npn.

Setelah itu ke3 germanium yang juga dimaksud dengan gabungan elektroda itu dipaketkan didalam satu susunan. Lantas ketiga elektroda atau germanium diberi tep, kaki penghubung berbentuk kawat. Oleh karena itulah biasanya transistor mempunyai tiga kawat atau kaki. Adapun tugas atau manfaat kaki-kaki transistor tersebut adalah :

  1. Emitor berfungsi memproduksi elektron-elektron.
  2. Kaki kolektor berperan memberikan elektron-elektron itu keluar dari transistor.
  3. Basis mengatur gerakan elektron dari emitor yang keluar melewati tep/kaki kolektor.

Adapun manfaat transistor, salah satunya yaitu seperti berikut :

Trasistor yang berfungsi seperti saklar.

Memanfaatkan karakter hantar transistor yang bergantung dari tegangan pada elektroda basis serta emitter ( ube ), maka kita bisa memakai manfaat transistor ini sebagai saklar elektronika, di mana saklar elektronika tersebut memiliki banyak manfaat dibanding dengan saklar mekanik, diantaranya :

  1. Fisik relative mempunyai ukuran yang kecil,
  2. Tidak menyebabkan nada serta percikan api waktu pengontakan.
  3. Lebih murah.

Gambar transistor sebagai saklar

Sistem kerja saklar elektronik dengan transistor diperlihatkan layaknya gambar di mana didalam gambar tersebut diperlihatkan situasi on serta off nya. Situasi off berlangsung bila ic . Rl = 0, di mana didalam situasi tersebut voltase ube lebih kecil dari voltase konduk transistor, hingga tegangan uce = ucc.

Transistor sebagai pengatur tegangan ( voltage-regulator )

Manfaat transistor sebagai pengatur voltase, bila berlangsung fluktuasi tegangan jala-jala pada bagian input ataupun bila ada pergantian beban r l, sehingga voltase ucb dapat beralih dengan jumlah yang sama, karena uz terus konstan namun ui = ucb + uz. Pada waktu berlangsung pergantian voltase ini, uo dapat konstan dikarenakan ube praktis tidak dipengaruhi oleh pergantian ucb.

Gambar transistor sebagai pengatur tegangan

Transistor sebagai penguat arus

Manfaat transistor sebagai penguat arus, perihal ini mengakibatkan transistor dapat digunakan untuk rangkaian power supply / catu daya dengan voltase yang dapat diatur. Agar pada emitor output voltase yang stabil dan tetap, maka transistor mesti dibias tegangan yang konstan di basisnya. Satu komponen dioda zener umumnya dipakai guna mengatur tegangan basis agar tetap.

Gambar transistor sebagai penguat arus

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih