Tips Memilih Tinta Printer Yang Bagus

By | August 18, 2013

Tips Memilih Tinta Printer Yang Bagus – Sekarang ini banyak merk tinta printer yang beredar di pasaran, apakah seluruh aman untuk head cartridge ? Dari pengalaman atau sebagian masalah pengguna printer, beberapa head cartridge punya masalah dikarenakan oleh penggunaan tinta yang salah. Dalam tutorial berikut berisi cara memilih tinta printer yang aman untuk printer serta pastinya tetap ada beberapa tips yang lain yang barangkali dapat melengkapi. Tidak etis disini mengatakan merk tinta produsen “A” mempunyai kualitas lebih bagus dari merk tinta yang lain. Panduan pengujian yang akan dijabarkan menurut corelita.com dapat masuk akal serta gampang dipraktekkan.

Tinta yang bagus untuk head cartridge di antaranya tidak bisa memiliki kandungan garam, sekecil apa pun kandungan garam pada tinta lama-lama dapat membentuk endapan, kerak, mengering, menyumbat head cartridge. Dampaknya memang tidak langsung kelihatan. Butuh proses yang agak lama untuk membuktikan bahwa tinta yang mengandung garam cukup beresiko terhadap tingkat keawetan printer. Persoalan umumnya ditandai dengan hasil cetak printer bergaris, head cartridge terhalang oleh endapan garam tersebut.

Dibawah ini adalah contoh proses pengujiannya :

Cara ke-1 ( Pengujian dengan awam ) :

Bahan :

  1. Kaca datar
  2. Air suling / dimaksud aquades. Air ini murni h2o tidak tercampuri larutan mineral ( seperti zat kapur, garam, timbal, dan lain-lain ). Dapat dibeli di toko kimia atau apotek.
  3. Tinta yang dapat diuji pastinya….

Beberapa langkah yang bisa dicoba untuk ditempuh :

Teteskan dengan banyak masing-masing 2 tetes / 1 : 1 ( air suling & tinta ) di atas kaca datar lalu diamkan selama beberapa menit sampai cairan mengering mengering, setelah itu silahkan lakukan pengamatan.  Bila ada kristal-kristal halus, maka tinta tersebut memiliki kandungan garam.

Cara ke-2 ( pengujian dengan lab ) :

Bahan yang dibutuhkan :

  1. Tabung reaksi
  2. Air suling
  3. Tinta yang hendak di cek
  4. Metal nitrate concentation 1 mol

Beberapa langkah yang bisa dicoba untuk ditempuh :

Buat didalam tabung reaksi larutan air suling serta tinta dengan perbandingan 1 : 1 ( tiap-tiap 3 cc ) setelah itu, teteskan 2 tetes metal nitrate concentation 1 mol kedalam larutan yang telah dibikin lalu lakukan pengamatani

Apakah larutan terus bening/tidak beralih warna atau larutan beralih jadi keruh ? Bila larutan beralih jadi keruh, bermakna tinta memiliki kandungan garam. Nah, sekarang bagaimana dengan merk tinta anda ? apakah tinta dengan harga yang mahal senantiasa bagus dan menjamin bahwa tinta tersebut bagus?

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih